Grosjean, Rossi, dan Vinales: Para 'Penipu Kematian' di Atas Lintasan

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 08:41 WIB
BAHRAIN, BAHRAIN - NOVEMBER 29: Romain Grosjean of France and Haas F1 is pictured on a screen escaping his crash during the F1 Grand Prix of Bahrain at Bahrain International Circuit on November 29, 2020 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Peter Fox/Getty Images)
Romain Grosjean keluar dari kobaran api yang melahap mobilnya (Getty Images/Peter Fox)
Jakarta -

Apa persamaan antara Romain Grosjean, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales? Di ajang yang berbeda, MotoGP dan F1, mereka bertiga musim ini lolos dari maut yang sudah mengintai di atas lintasan.

Grosjean di akhir pekan lalu mengalami salah satu kecelakaan paling mengerikan yang terjadi di balapan F1. Insiden yang jadi pemberitaan besar di banyak media dunia itu terjadi saat balapan di Bahrain baru berjalan satu lap.

Peristiwa nahas itu diawali saat mobil VF-20 yang dikendarai Grosjean ditabrak dari belakang oleh pebalap lain. Sejurus kemudian mobil itu kehilangan kendali dan dengan keras menghantam pembatas sirkuit. Sesaat berselang ledakan terjadi pada mobil tersebut, bola api yang cukup besar bisa disaksikan muncul dari hasil crash itu.

Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat kalau mobil tersebut terbelah dua nyaris tepat di tengah, memisahkan bagian depan dan belakang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Grosjean berhasil menyelamatkan diri. Dibantu marshal, dia berhasil melompati pagar pembatas untuk keluar dari kobaran api besar.

Insiden tersebut dapat perhatian besar dari pebalap di seluruh dunia. Bukan cuma pebalap mobil, beberapa pebalap motor juga menyuarakan kekhawatiran dan betapa terkejutnya mereka dengan insiden itu.

Salah satunya adalah Franco Morbidelli. Mengaku menyukai balapan F1, rider asal Italia itu lega Grosjean bisa selamat, sebagaimana Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga nyaris dijemput mau di ajang MotoGP.

"Saya melihat kejadian itu, sangat mengerikan, itu luar biasa. Sudah lama saya tidak melihat kejadian sebesar itu di F1 dan itu mengerikan. Tapi melegakan bisa melihat Grosjean keluar tanpa terluka dan hanya mendapat sedikit cedera," kata Morbidelli dikutip dari Skysports.

"Tahun ini F1 dan MotoGP mengalami kecelakaan besar, untungnya, tanpa ada konsekuensi besar yang terjadi, kami bisa keluar dari insiden itu dengan selamat," lanjut rider tim Petronas Yamaha SRT itu.

Morbidelli terlibat dalam salah satu kecelakaan paling mengerikan di MotoGP pada Agustus lalu. Di MotoGP Austria, senggolan dia dengan Johann Zarco menyebabkan motor mereka berdua melaju dan melayang liar di lintasan.

Rossi dan Vinales nyaris dihantam motor terbang milik Zarco dan Morbidelli. Kalau itu terjadi, skenario terburuk bisa terjadi pada dua rider Yamaha itu.

"Lalu, saat kecelakaan antara Zarco dan Morbidelli terjadi dan aku melihat motornya seperti peluru mengarah ke aku dan Maverick. Aku sangat takut. Semua jadi lebih menakutkan saat melihat lagi gambar-gambarnya," kata Rossi saat itu.



Simak Video "Rossi Dipastikan Ikut Balapan di MotoGP Valencia Usai Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)