Lorenzo Sindir Dovizioso yang Nganggur Musim Depan

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 12 Nov 2020 14:54 WIB
LE MANS, FRANCE - OCTOBER 10: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team rounds the bend during the MotoGP of France: Qualifying at Bugatti Circuit on October 10, 2020 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso tak ikut MotoGP 2021 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Andrea Dovizioso membuat keputusan soal masa depannya di MotoGP. Lorenzo mengomentari absennya rider Italia itu selama berkarier di MotoGP.

"Well, setelah 13 tahun di MotoGP tanpa memenangi gelar," kata Lorenzo seperti dikutip dari Motosan.es, Kamis (12/11/2020).

Dovizioso selalu finis sebagai runner up pada klasemen akhir MotoGP di musim 2017, 2018 dan 2019, berada di bayang-bayang Marc Marquez. Dovizioso selama 13 tahun berkarier tanpa pernah mencicipi gelar juara dunia.

Diberitakan detikcom sebelumnya, kontrak Dovizioso di Ducati habis pada akhir musim ini. Upaya memperpanjangnya mentok karena masalah gaji, di mana pabrikan Italia tak bisa memenuhi permintaan pebalapnya tersebut.

Dovizioso sempat diproyeksikan bakal menuju tim lain, baik sebagai rider atau sekadar pebalap penguji. Salah satunya adalah ke Yamaha, setelah Garpu Tala kabarnya siap melepas Jorge Lorenzo ke Aprilia.

Spekulasi itu kemudian terpatahkan. Dovizioso pamit sementara, ia tidak akan menerima tawaran apa pun untuk musim depan. Pebalap 34 tahun itu berjanji, dirinya akan segera kembali balapan jika menemukan tim yang cocok.

"Selama beberapa bulan terakhir, saya telah menerima beberapa tawaran untuk bekerja sebagai pebalap tes dalam mengembangkan proyek MotoGP. Saya berterima kasih atas pertimbangan tim pabrikan. Namun, saya telah memutuskan untuk tidak membuat komitmen apa pun dan tetap bebas dari perjanjian formal untuk saat ini," kata Dovizioso, dalam penyataan yang dibuat di media sosial pribadinya.

"Saya memiliki hasrat yang besar untuk balapan. Saya masih memiliki ambisi untuk bersaing dan berjuang untuk menang. Saya akan kembali ke MotoGP setelah saya menemukan proyek yang didorong oleh hasrat dan ambisi yang sama dengan yang saya miliki, dan dalam organisasi yang memiliki tujuan, nilai, dan metode kerja yang sama. "

"Sekarang saya fokus menyelesaikan Kejuaraan Dunia dengan cara terbaik. Saya sudah mulai mengembangkan beberapa proyek dengan mitra saya," kata Dovizioso, yang sejak 2017 selalu menjadi runner up kejuaraan.

Musim ini, Dovizioso berada di peringkat keenam klasemen MotoGP 2020 lantaran baru mengoleksi 117 poin. Meski secara matematika masih bisa juara, namun peluangnya sangat kecil, sebab kejuaraan tinggal menyisakan dua race lagi. Adapun klasemen kini dipimpin oleh rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, dengan 162 poin.



Simak Video "Fix! Andrea Dovizioso Absen di MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)