Tak Ada Kontak, Bukan Masalah Ban Juga, Alex Marquez Kok Jatuh di Belakang Dovizioso?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 09 Nov 2020 21:10 WIB
DOHA, QATAR - FEBRUARY 23: Alex  Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on in box during the MotoGP Tests at Losail Circuit on February 23, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alex Marquez terjatuh di MotoGP Eropa Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Alex Marquez harus mengakhiri balapan MotoGP Eropa 2020 lebih cepat. Lagi-lagi pebalap Repsol Honda itu gagal meraih podium ketiga.

Di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11). Selain Alex Marquez, banyak rider yang gagal finis karena crash di tengah jalannya balapan. Pecco Bagnaia, Lorenzo Savadori, dan Cal Crutchlow. Tapi Savadori masih bisa lanjut. Sebelum itu juga ada Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo yang berakhir di gravel selepas start.

Sedangkan Alex Marquez tak bisa lanjut balapan usai terjatuh di tikungan pertama Sirkuit Ricardo Tormo. Apesnya, Alex terjatuh saat balapan tinggal menyisakan empat putaran lagi.

Kala itu Alex Marquez berada di posisi sembilan, dan tengah bersaing dengan Andrea Dovizioso (Ducati). Sebelum akhirnya disalip Dovizioso, dan Alex Marquez terjatuh.

Alex mengatakan kalau ini bukan masalah pada ban, ia merasa nyaman dengan motornya. Tidak ada kontak juga dengan Dovizioso. Lalu apa masalahnya?

"Kami menjalani balapan yang bagus. Saya membuat awal yang baik dan saya menemukan diri saya dalam ritme yang baik saat berada di sepuluh besar. Saya merasa nyaman dan mampu membuat kemajuan," ujar Alex Marquez dalam keterangan resmi di HRC, Senin (9/11).

Alex mengatakan penyebabnya ia terjebak dalam slipstream. Teknik slipstream memanfaatkan area dengan tekanan udara lebih rendah di belakang pebalap lain demi mengurangi hambatan.

Kali ini motor Alex Marquez melaju lebih cepat, meski dirinya melakukan titik pengereman sama dengan putaran sebelumnya.



"Sayangnya, ketika Dovizioso melewati saya, saya berada di slipstream untuk tikungan 1 dan meskipun saya melakukan pengereman di titik yang sama, saya sedikit lebih cepat, jadi saya jatuh," kata Alex.



Simak Video "Alex Marquez Back to Back Podium MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)