MotoGP Eropa 2020: Yamaha Kehabisan Mesin, Ini Jurus Vinales

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 10:19 WIB
Spains rider Maverick Vinales of the Monster Energy Yamaha MotoGP steers his motorcycle during the MotoGP race of the French Motorcycle Grand Prix at the Le Mans racetrack, in Le Mans, France, Sunday, Oct. 11, 2020. (AP Photo/David Vincent)
Strategi apa yang bakal dilakukan Maverick Vinales di MotoGP Eropa 2020? Foto: AP/David Vincent
Jakarta -

Maverick Vinales berpeluang jadi jawara MotoGP 2020. Tapi, rider asal Spanyol ini khawatir akan krisis mesin yang terjadi di Yamaha saat akan berlaga di MotoGP Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo. Strategi apa yang bakal dilakukan?

Pebalap berusia 25 tahun ini hanya berjarak 19 poin dari pemuncak klasemen MotoGP sementara. Posisi antarpebalap ketat, tak ingin mengambil risiko, ia akan membatasi putaran saat latihan bebas. Konsekuensinya, Vinales akan kehilangan waktu untuk menyetel YZR-M1 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

"Saya dalam situasi yang agak tegang karena saya kehabisan mesin. Di sini, di Valencia saya akan melakukan lebih sedikit putaran dan saya akan mencoba menemukan set-up yang lebih cepat, jadi saya pikir saya akan menghabiskan banyak waktu di garasi seperti di Aragon," ujar Vinales seperti dikutip Speedweek, Jumat (6/11/2020).

Keempat pebalap Yamaha telah membuka lima mesin yang dialokasikan musim ini. Vinales dinilai paling kesulitan karena menggunakan mesin keempat dan kelima dengan jarak tempuh yang paling jauh.

Sejak GP San Marino pada awal September, Vinales sudah menggunakan mesin kelima. Putaran saat latihan bebas pun ia batasi. Kini hanya tiga seri tersisa, Vinales berada dibayang-bayang penalti start dari pitlane andai harus membuka mesin keenam.

"Saya tidak akan mengambil risiko yang tidak perlu jika hujan hari Jumat ini. Di FP3 inilah Anda harus menekan. Kami akan melatih elektronik dan kami tidak akan memaksakan diri karena mudah untuk membuat kesalahan dan ada tiga balapan tersisa berturut-turut," sambungnya.

Kini Yamaha juga tengah diselidiki karena diduga menggunakan mesin MotoGP ilegal selama balapan MotoGP Spanyol di Jerez beberapa waktu lalu. Saat ditanya soal investigasi, tidak ada pebalap Yamaha yang mau berkomentar.

=====

Seri lanjutan MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo bakal disiarkan langsung di Trans7 dan live streaming detikOto pada Minggu (8/11/2020).



Simak Video "Yamaha Merana di MotoGP Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)