Selasa, 11 Agu 2020 11:39 WIB

Rossi Mengaku Ada Perbaikan dalam Hal Pengereman

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 17: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP of Spain - Free Practice at Circuito de Jerez on July 17, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi mengaku telah mengalami perbaikan pada motornya setelah melakoni balapan MotoGP Andalusia dan MotoGP Ceko. Perbaikan pada motornya terutama terasa saat pengereman.

Pada MotoGP Ceko di Brno akhir pekan kemarin, Rossi start dari posisi 10. Lebih dari itu, ia mampu menerobos ke depan dan finis di posisi lima.

"Sayang sekali saat kualifikasi, kami melakukan kesalahan dengan memilih (ban) medium bukan (ban) yang keras. (Kalau memilih ban yang tepat) saya akan bisa start setidaknya satu baris di depan, mungkin akan berjuang finis untuk posisi tiga terdepan," kata Rossi seperti dikutip Sky Sport.

Namun, Rossi mengambil sisi positif setelah berhasil finis di posisi lima usai start dari posisi 10. Hal positif yang dirasakan Rossi adalah pengereman.

"Aspek positifnya adalah kami membuat langkah besar dalam hal pengereman, saya melakukan pengereman keras seperti di Jerez pada poin-poin penting. Itu adalah akhir pekan yang positif karena saya dapat pulih dari baris keempat," ujar The Doctor.

"Saya menikmatinya dan mengendarai motor dengan baik," tambahnya.

Menurut Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis, Rossi dan krunya telah membuat perubahan yang sangat berpengaruh pada motornya ketika melakoni balap MotoGP Andalusia. Sebelumnya, pebalap asal Italia itu berusaha keras melobi pihak Yamaha untuk melakukan perubahan pada motornya agar sesuai keinginannya.

Rossi sendiri tak menyebutkan secara detail apa yang dimodifikasinya pada motor Yamaha M1. Namun, salah satu stasiun TV di Italia menemukan ada perubahan pada bagian pivot atau poros swingarm motor Rossi.

"Ini bukan hanya pivot, tapi kami memiliki beberapa perbedaan lain. Ini gaya lain dari motor," kata Rossi seperti dikutip Crash. Dengan perubahan pada motornya itu, Rossi mengalami perbaikan dari segi pengereman dan memasuki tikungan.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com