Selasa, 11 Agu 2020 09:30 WIB

MotoGP Ditutup di Portimao, Rossi: Treknya Seperti Roller Coaster

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 09:  Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of Czech Republic at Brno Circuit on August 09, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

MotoGP musim 2020 ini akan ditutup di sirkuit Portimao di Portugal, pada 22 November 2020. Hal itu telah dikonfirmasi oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, FIM, dan operator sirkuit di Portimao.

Akhirnya setelah beberapa tahun, MotoGP kembali ke Portugal. Terakhir, Portugal menjadi tuan rumah MotoGP pada 2012 lalu, tapi itu digelar di sirkuit Estoril.

Valentino Rossi memiliki kenangan tersendiri di Portugal. Juara dunia sembilan kali itu menang lima kali di Estoril.

"Saya memiliki kenangan indah dengan Portugal. Tapi itu di Estoril, yang juga merupakan trek yang menarik," kata Rossi dalam sebuah wawancara di MotoGP.com.

"Tapi saya selalu bertanya pada diri sendiri bagaimana rasanya balapan di Portimao, karena MotoGP belum pernah ada di sana."

"Ini trek yang luar biasa, seperti roller coaster, dan itu di level Phillip Island. Ini juga memiliki tikungan yang rumit, dan akan menjadi tugas yang sulit untuk menjadi kuat di sana," ujar The Doctor.

Karakter sirkuit yang unik di Portimao juga diakui oleh balapan World Superbike (WSBK). Di akun twitternya, WSBK menyambut gelaran MotoGP yang akan digelar di Portimao.

"Teman-teman, selamat datang di rollercoaster! @Motogp

Anda tidak tahu betapa gilanya tempat ini!

Kencangkan sabuk Anda dan beri tahu kami jika Anda membutuhkan tips!" tulis WSBK di Twitter.

Untuk pertama kalinya MotoGP Portugal akan dihelat di Portimao. Sirkuit ini menjadi tantangan untuk setiap pebalap menaklukkan sirkuit itu.

"Kami telah menandatangani kesepakatan pada 2017 dengan Portimao sebagai sirkuit cadangan untuk mengantisipasi adanya pembatalan," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di situs resmi MotoGP

"Selama ini kami sudah berkomunikasi dengan mereka. Kami sudah menggunakan Portimao untuk ajang Superbike (WSBK) dan kami pikir ini sebuah kesempatan luar biasa," sambungnya.

Dalam sebuah video hasil lap yang dilakukan oleh pebalap Kawasaki Racing Team di WSBK, Alex Lowes, seperti diunggah Twitter MotoGP, sirkuit Portimao terbilang unik. Sirkuit ini memiliki beberapa tikungan tajam. Pebalap juga harus menaklukkan turunan dan tanjakan di sirkuit tersebut.





Simak Video "Gagal Podium Lagi, Rossi Jatuh Saat Kejar Quartararo"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com