Sukses Juara MotoGP Ceko, Brad Binder Salah Baca Pit Board di Akhir Lap

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 11 Agu 2020 10:49 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Pebalap Redbull KTM Brad Binder. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Brad Binder sukses mencetak sejarah sebagai pebalap KTM pertama yang menjuarai MotoGP. Namun dibalik cerita sukses tersebut, terselip kisah menarik yang bisa menggagalkan perayaan juara pertama Binder di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Seperti dikutip dari Speedweek, pebalap Red Bull KTM itu hampir melakukan kesalahan fatal saat membaca pit board dari timnya. Disebutkan Binder telah membaca papan pit board yang salah.

"Dia membaca informasi untuk pembalap lain dan percaya Morbidelli dekat dirinya, dan karena itu mengambil banyak risiko di lap terakhir," ungkap pakar data Manfred "Tex" Geissler.

Menurut Geissler, kesalahpahaman Binder dalam membaca informasi di pit board bisa dilihat dari data elektronik di akhir lap. Dijelaskan pebalap motor dari Afrika Selatan itu berusaha 'berlari' sejauh mungkin di depan dan melakukan manuver yang berisiko.

"Pada lap terakhir, Brad mengerem cukup keras di tikungan dan memblokir garis ideal di tikungan. Dia hampir (memimpin) lima detik di depan. Tapi tidak bisa dipercaya betapa kerennya orang ini," kata Geissler. "Brad kemudian melaju 1: 59,2 menit pada lap terakhir, sisanya 1: 59,8," sambungnya.

Sebagai informasi, Brad Binder secara fenomenal menjuarai MotoGP Ceko pekan lalu. Pebalap yang baru menjalani musim pertamanya di MotoGP itu telah mematahkan prediksi banyak orang, yang banyak mengunggulkan Yamaha di balap MotoGP 2020 seri ketiga ini.

Binder menjadi juara setelah melahap 21 lap dalam durasi 41 menit 38,764 detik. Dia menyalip Franco Morbidelli saat balapan menyisakan 9 putaran lagi. Binder unggul 5 detik di depan Morbidelli dan 6 detik di depan Johann Zarco.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)