Senin, 10 Agu 2020 13:05 WIB

Drama MotoGP Ceko: Senggolan KTM vs Ducati di Sirkuit Brno

Ridwan Arifin - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 15: Johann Zarco of France and Reale Avintia Racing rounds the bend during the MotoGP tests at the Circuito de Jerez on July 15, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Johann Zarco Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Drama senggol menyenggol mewarnai seri MotoGP Ceko, Sirkuit Brno Minggu (9/8). Pol Espargaro (Red Bull KTM Racing) terjatuh usai bersenggolan dengan Johann Zarco (Reale Avianti Racing).

Dalam seri MotoGP Ceko semalam, petaka menimpa Espargaro saat memasuki lap ke-9. Rider KTM itu terjatuh di tikungan pertama usai bersenggolan dengan Zarco. Naik ke urutan keempat, Zarco kemudian menyalip Quartararo di lap ke-11 dan merebut tempat ketiga. Sementara mimpi Espargaro pupus untuk finis di podium.

Insiden itu membuat Zarco mendapat hukuman long lap penalty (LLP). Ia dinyatakan bersalah saat bersenggolan dengan Pol Espargaro hingga membuat pebalap KTM itu terjatuh saat balapan menyisakan 13 lap.

"Apa yang terjadi nggak adil buat kami," komentar Espargaro usai balapan seperti dikutip the-race, Senin (10/8/2020).

"Balapannya bagus, dan saya hanya duduk di sana melihat data elektronik dan menyaksikan orang-orang membakar bannya, yang sebetulnya saya bisa berjuang untuk menang di lap akhir,"

"Saya tidak bisa menunjukkan potensi saya, saya tidak bisa memenangkan balapan pertama KTM, dan meskipun selama empat tahun terakhir telah membuahkan hasil, saya tahu kami menang dan seseorang mengambilnya dari kami.

"Dia bisa saja menghindari kontak tapi dia tidak mau," lanjut Espargaro.

"Dia mengambil kemenangan dari kami. Yang dia dapatkan hanyalah penalti lap panjang di trek di mana itu adalah lelucon, dan dia masih naik podium. " jelas Espargaro.

LLP adalah hukuman di mana para pebalap yang dikenai mesti melaju di sebuah jalur tersendiri, biasanya berada di bagian run-off (luar) tikungan yang beraspal. Tiap sirkuit nantinya akan diberi tanda area sanksi LLP ini, termasuk di Sirkuit Brno. Seperti dilansir Crash. Secara umum, hukuman ini diperkirakan akan membuat penerimanya kehilangan waktu 3-4 detik.

"Ketika saya mendapat penalti, saya tidak bertarung dengan siapa pun, tetapi saya tahu saya harus segera melakukannya agar tidak kehilangan konsentrasi," jelas Zarco.



Mantan pebalap Ducati, Casey Stoner juga angkat suara atas insiden ini. Ia merasa keputusan race directions tidak tepat.

"Memalukan @MotoGP!," tegas Stoner melalui akun Twitternya.

"@Zarco tidak melakukan kesalahan, jika membalap terlalu lebar, Anda tidak bisa berharap untuk ke tepi jalan tanpa ada orang di sana. Keputusan buruk dari official," tambah Stoner.



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com