Senin, 10 Agu 2020 09:03 WIB

Spesifikasi Motor KTM yang Pertama Kali Menang MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Brad Binder dengan tunggangan motor KTM RC16. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Tim Red Bull KTM memecahkan rekor menjadi juara MotoGP setelah gabung di ajang MotoGP sejak 2017 lalu. Brad Binder membawa nama KTM ke podium tertinggi di MotoGP Ceko 2020 yang digelar di sirkuit Brno.

Binder menunggangi motor KTM RC16. Setelah gabung dengan MotoGP beberapa tahun lalu, KTM RC16 mendapatkan beberapa kali perbaikan. Desain fairing hingga mekanikalnya ditingkatkan agar bisa menjadi yang tercepat di kelas MotoGP. Hasilnya, balapan semalam KTM berhasil mengasapi motor-motor lain di MotoGP Ceko.

KTM RC16 model 2020 memiliki fairing yang lebih menonjol daripada motor sebelumnya. Asupan udara di depan tampak lebih besar, lebih oval dan lebih sentral.

Dani Pedrosa dan Mika Kallio digandeng KTM sebagai pebalap penguji (test rider). Sentuhan Pedrosa dan Kallio di motor KTM sedikit banyak membawa pengaruh.

Bicara spesifikasi, KTM RC16 tunggangan Binder yang menjuarai balapan MotoGP Ceko semalam WIB menggendong mesin 1.000cc empat silinder dengan konfigurasi mesin berbentuk V. Tenaga dari mesin itu mampu mencapai lebih dari 265 daya kuda. Kecepatan maksimalnya bisa lebih dari 340 km/jam.

BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 07:  Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP Of Czech Republic - Free Practice at Brno Circuit on August 07, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Brad Binder yang menunggangi motor KTM RC16. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Mesin mampu berteriak hingga 18.500 rpm. Mesin V4 1.000 cc itu dikawinkan dengan transmisi seamless shift.

KTM RC16 memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 22 liter. Sistem pembuangan hasil pembakaran mesinnya didukung oleh knalpot Akrapovic.

Untuk stabilitas, KTM RC16 ditopang oleh sasis baja, swingarm carbon fibre, dan suspensi depan-belakang yang dipasok oleh WP Suspension. Berat motor ini hanya 157 kg.

KTM RC16 yang finis terdepan di MotoGP Ceko 2020 ini menggunakan rem Brembo dengan kaliper aluminium dan cakram carbon. Pelek forged magnesium 17 inci dibalut oleeh ban Michelin yang menjadi pemasok ban utama di kelas MotoGP.

Motor KTM RC16 dibekali sistemm elektronik dari Magneti Marelli. Di dalamnya ada fitur elektronik seperti Drive-by-Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, dan Launch Control.



Simak Video "Penampilan Motor Asal Eropa yang Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com