Kamis, 02 Nov 2017 08:01 WIB

Mengintip Isi Logistik MotoGP yang Diangkut Setiap Seri

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

[Gambas:Youtube]

Logistik merupakan salah satu komponen penting dalam berlangsungnya gelaran MotoGP setiap tahun. Jika tidak, para tim yang ikut bertarung di MotoGP bakalan kesulitan, mengingat hal-hal kecil seperti baju balap dan helm juga ikut diangkut dalam logistik tersebut.

Gelaran MotoGP setiap tahun bukan hanya diselenggarakan di satu negara saja melainkan lima benua dan 14 negara mulai dari Australia ke Argentina dan Malaysia ke Spanyol.

MotoGP menggunakan jasa DHL untuk mengangkut keperluan 12 tim yang ikut beradu di MotoGP, Moto3, maupun Moto2. Total ada 90.000 km yang ditempuh dalam kurun waktu setahun selama balapan berlangsung.

Lantas, perlengkapan apa saja sih yang diangkut oleh DHL?

Melihat dari situs resmi DHL, Kamis (2/11/2017), ada sekitar 80 komponen untuk membangun sebuah motor balap, 5.000 liter bensin, 200 liter oli mesin, dan 800 komponen terpisah termasuk di dalamnya safety car BMW X5.

"Kami berpindah-pindah dari sirkuit satu dan lainnya mengangkut segala logistik untuk kebutuhan balap. Total ada empat pesawat carter Boeing 747, 45 truk untuk mengangkut material motor, perkakas, suku cadang, baju pebalap, sarung tangan, dan helm," jelas Motorpsort Operations DHLPatrick Thierling.

"Kami bekerja sebelum balapan berlangsung, setiap jam sangat berarti," lanjutnya lagi.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com