ADVERTISEMENT

Isuzu Bawa Truk Elf Listrik di GIIAS 2022, Kapan Dijual di Indonesia?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 12 Agu 2022 20:59 WIB
Airlangga Hartarto rasakan duduk di Isuzu Elf EV di GIIAS 2022.
Isuzu Foto: dok. Isuzu
Jakarta -

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ikut meramaikan pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Isuzu menuturkan mereka sangat senang, truk listrik Isuzu Elf EV mendapat perhatian dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Seperti yang dikatakan President Director PT IAMI Ernando Demily saat menyambut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang di GIIAS 2022.

Ernando mengatakan Menko Airlangga sempat bertanya ke direksi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kapan mobil listrik Isuzu Elf EV akan dipasarkan di Indonesia. Ernando memaparkan, bahwa saat ini mobil listrik Isuzu baru dipasarkan di Jepang dan Amerika Serikat. Menurut Ernando, IAMI masih melihat bagaimana hasil evaluasi di dua negara itu.

"Isuzu juga ingin melihat kondisi pasar di Indonesia dan ketersediaan jaringan pendukung untuk mobil listrik di Tanah Air (untuk bisa menjual Isuzu Elf EV di Indonesia)," jawab Ernando kepada Airlangga.

Sebelumnya, saat membuka GIIAS 2022, Airlangga mengatakan, potensi pasar otomotif Indonesia masih besar. Menko mencatat, rasio kepemilikan mobil di Indonesia mencapai 99 mobil per 1.000 penduduk. Selain itu, harga mobil saat ini relatif kompetitif, mayoritas sekitar Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.

Airlangga menambahkan, pasar kendaraaan listrik atau electric vehicle (EV) global ke depan meningkat. Saat ini penjualan EV di pasar global mencapai 55 juta unit.

Isuzu Elf EVIsuzu Elf EV Foto: doc. Isuzu Jepang

Untuk itu, menurut Airlangga pemerintah berkomitmen mendorong pertumbuhan mobil listrik di Tanah Air. Hal itu sebagai komitmen untuk merealisasikan kesepakatan Paris COP (conference of parties) dan net zero emission.

"Untuk itu, dukungan pemerintah dilakukan dalam bentuk pemberian insentif pajak atau PPnBM ditanggung pemerintah," kata Airlangga yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut Ernando, dalam pameran kali ini, Isuzu tetap memberi penekanan pada pemenuhan layanan purna jual.

"Penjualan dan layanan purna jual memiliki tingkat kepentingan yang sama. Oleh karenanya, sales dan aftersales dipastikan keduanya bekerjasama dan bersinergi untuk dapat memberikan solusi yang komprehensif dan optimal kepada customer," tutur Ernando.

Ia menjelaskan, untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan, Isuzu telah meningkatkan layanan after sales service mulai dari digitalisasi ekosistem layanan melalui Launching Aplikasi Isuzu ID, hingga pembukaan Part Depo untuk semakin meningkatkan layanan terhadap kebutuhan spare part para konsumen di seluruh Indonesia.

Airlangga Hartarto rasakan duduk di Isuzu Elf EV di GIIAS 2022.Airlangga Hartarto rasakan duduk di Isuzu Elf EV di GIIAS 2022. Foto: dok. Isuzu

"Kami memahami behavior dan kebutuhan customer kami yang membutuhkan layanan prima sehingga kami menyediakan jaringan serta pelayanan yang tepat sasaran," tutur dia.

Diakui, langkah Isuzu menekankan layanan purna jual dan keandalan produk membuat kinerja penjualan Isuzu terus meningkat. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, tahun ini, pada semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

Keandalan Isuzu tak hanya diakui konsumen di Indonesia. Regional Office Executive Isuzu Motor Limited Koji Nakamura dalam sambutannya di booth Isuzu di GIIAS 2022 mengatakan, Isuzu telah menjadi pemimpin pasar di 45 negara pada tahun 2021.

"Indonesia menjadi salah satu pasar yang vital bagi pertumbuhan bisnis Isuzu secara global," tutup Nakamura.



Simak Video "Canggih Tapi Klasik! Ini Detail Truk Listrik Isuzu Elf EV"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT