Jajal NQI Sport 26, Skuter Listrik Rp 28 Jutaan yang Punya Fitur Cruise Control

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 16:13 WIB
Test ride NIU NQI Sport 26
Test ride NQI Sport 26 Foto: Gilang
Jakarta -

NIU di bawah bendera Utomocorp mendatangkan motor skuter listrik, salah satunya NIU NQI Sport 26. Selain itu, para pengunjung bisa menjajalnya langsung di area test ride Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 hingga 25 April mendatang.

Detikcom sempat menjajal motor listrik NQI Sport 26, motor yang mengusung desain sebagai kendaraan untuk mobilitas dalam kota. Penasaran, bagaimana impresi pertamanya?

Test ride dilakukan singkat dengan mengitari area yang disediakan di IIMS Hybrid 2021. Speed bump, jalur berbelok, serta trek lurus disiapkan untuk menguji bagaimana karakter skuter listrik ini dipakai harian.

Test ride NIU NQI Sport 26Test ride NIU NQI Sport 26 Foto: Gilang

Oke, pertama bicara desain. Sejauh mata memandang, skuter listrik NQI Sport 26 terlihat minimalis, tidak banyak lekukan atau potongan tajam pada body motornya. Mirip skuter listrik pada umumnya, lampu depan bundar dengan buritan belakang yang mengotak.

Kedua, Secara dimensi motor ini cukup ringkas, dengan panjang 1.800 mm x tinggi 1.130 mm x dan lebar 740 mm. Saat coba duduk di atasnya, tinggi rider yang mencapai 168 cm bisa menapak sempurna. Sedangkan posisi dengkul masih menyisakan jarak dengan dek.

Jarak dari rider ke stang pun rendah. Posisi stang dibuat lebih tinggi dari pinggang. Saat test ride singkat, segitiga berkendara antara tangan, bokong, kaki yang ditawarkan cukup nyaman untuk dikendarai sendirian.

Test ride NIU NQI Sport 26Test ride NIU NQI Sport 26 Foto: Gilang

Ketiga, impresi singkat performa motor NQI Sport 26. Skuter listrik ini dilengkapi dengan Boshc hub motor bertenaga 1.500 w - 1.800 w, dan mampu mencapai kecepatan maksimal 55 km/jam. Sementara baterainya 18.650 lithium 60 Volt dengan kapasitas 26/35 Ah. Untuk sekali pengecasan bisa menempuh jarak 50 hingga 70 kilometer tergantung gaya berkendara hingga situasi jalan.

Saat coba memutar puntiran gas, motor ini punya tiga riding mode yang bisa diatur pada tuas di stang sebelah kanan. Akselerasi yang dikeluarkan cenderung enteng tidak langsung nyentak tapi rasanya berbeda ketika mengendarai sepeda motor bensin.

Test ride NIU NQI Sport 26Test ride NIU NQI Sport 26 Foto: Gilang

Motor ini pun hening, karena memang tanpa suara. Fitur lain yang hendak dicoba ialah cruise control yang menjaga kecepatan secara konstan meski tuas gas tidak diputar, tombol tuas untuk mengaktifkan dan menonaktifkan terletak pada tombol di stang sebelah kiri.

Test ride NIU NQI Sport 26Test ride NIU NQI Sport 26 Foto: Gilang

Tapi sayang karena keterbatasan area fitur tersebut tidak bisa dijajal. Sebab petugas di booth NIU menyebut fitur cruise control baru bisa aktif pada kecepatan 30 km/jam.

Test ride NIU NQI Sport 26Digital Instrumen NIU NQI Sport 26 Foto: Gilang

Oiya fitur lain yang dimiliki pada NIU Sport ini ialah skuter listrik pintar yang bisa tersambung ke smartphone. Pemilik bisa mengetahui posisi dan kondisi dari motor NIU, lebih lanjut aplikasi ini memiliki fitur anti-theft system yang memberitahu pengenara ketika skuter listrik digunakan, dengan paket bersama GPS, pemilik pun bisa tahu posisi motor secara real time.

Tertarik memilikinya? NQI Sport 26 dilepas pada harga Rp 28.400.000 (OTR Jakarta).



Simak Video "Sah! Motor Listrik Buatan Indonesia 'Gesits' Kini 100% di Bawah WIKA"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)