Menjajal Piaggio Ape City, Si Motor Roda Tiga Mirip Bajaj Seharga Rp 75 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 22 Apr 2021 17:50 WIB
Piaggio Ape City bisa ditest di IIMS 2021
Menjajal Piaggio Ape City di IIMS 2021 (Foto: Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Piaggio Commercial Vehicles di bawah payung PT Maha Era Motor memboyong Ape, si motor roda tiga untuk angkut orang di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2021. Tak hanya itu para pengunjung diberi kesempatan untuk melakukan sesi test ride, syaratnya cukup menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Oke, unit test ride yang dicoba ialah Piaggio Ape City, ini merupakan kendaraan roda tiga brand Italia yang dirakit di India. Selama gelaran IIMS Hybrid 2021, motor ini punya harga spesial yakni Rp 75 juta, turn dari yang sebelumnya Rp 90 juta.

Sebagai permulaan, Ape City bentuknya mirip kendaraan angkutan orang yang bersliweran di Jakarta atau akrab disapa Bajaj. Namun di Thailand, motor komersial roda tiga merek Piaggio ini juga dikenal dengan nama Tuk Tuk.

Piaggio Ape City bisa ditest di IIMS 2021Piaggio Ape City bisa ditest di IIMS 2021 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Namun, bila dilihat-lihat Ape City terlihat lebih besar dibanding Bajaj. Kemudian kombinasi warna cerah antara jok putih serta body kuning juga langsung menarik perhatian mata.

Sementara untuk spesifikasinya, petugas di booth mengatakan tidak memiliki brosur, namun disebut spesifikasi mesin dan dimensinya mirip dengan Ape Calessino, yakni menggunakan mesin 200 cc, 4-tak, dengan 4 percepatan yang diatas kertas bisa memuntahkan tenaga sebesar 7,6 kW pada 5.000 rpm dan torsi 16,28 Nm di 3.000 rpm.

Pengoperasian transmisinya mirip dengan Vespa 2-tak. Tapi motor roda tiga ini juga memiliki gigi mundur.

Konfigurasi 1+2 tempat duduk Piaggio Ape ini menjadikan kemudi ada di bagian tengah dashboard. Baris depan hanya dapat diisi satu penumpang yakni sopir. Sedang baris kedua dapat diisi 2 penumpang dewasa.

Sebagai pelengkapnya juga terdapat atap yang berbahan kanvas. Seperti atap convertible yang bisa dipasang dan dilepas, tapi secara manual.

Saat menjajalnya sebagai sopir, joknya tidak keras dan empuk. Namun ruang kabin yang terbatas membuat kaki tidak leluasa untuk ukuran kaki 43 cm dan tinggi 168 cm.

Motor Roda Tiga Piaggio muncul di IIMS 2021, bentuknya mirip BajajMotor Roda Tiga Piaggio muncul di IIMS 2021, bentuknya mirip Bajaj Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Sedangkan informasi yang disampaikan pada dashboard terbilang sederhana, yakni berisikan informasi speedometer dan indikator bensin dengan menggunakan jarum.

Pada bagian kiri disematkan lampu hazard dalam kondisi darurat dan wiper depan. Pada bagian bawah kokpit Ape City terdapat tiga tuas, yakni tuas berlabel RC sebagai gigi mundur dan choke. Kemudian tuas besar yang senada dengan bodi digunakan untuk rem parkir.

Sementara klakson, tombol starter, lampu low dan high beam, serta sign berada di sebelah kanan pada stang yang modelnya mirip dengan kemudi Vespa 2-tak.

Rasa berkendaranya cukup unik, namun tidak terlalu halus jika dibanding dengan sepeda motor dengan kapasitas mesin yang sama. Sistem pengoperasiannya mirip dengan Vespa 2-tak, suara perpindahan gear juga cukup terdengar.

Meskipun tidak dilengkapi dengan power steering, lingkar kemudi tidak terasa berat. Karena belum terbiasa saat berbelok sedikit terasa Piaggio Ape terasa limbung, sehingga saat menekuk stang rasa berhati-hati muncul agar tidak terbalik.

Piaggio Ape City bisa ditest di IIMS 2021Piaggio Ape City bisa ditest di IIMS 2021 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Oiya pengereman hanya ada pada kaki, tidak terdapat tuas rem pada sisi kiri dan kanan. Jadi kalau mau menjajalnya harus terbiasa dulu ya! Secara keseluruhan, Piaggio Ape City memberikan pengalaman unik.

Selama gelaran IIMS Hybrid 2021, motor ini punya harga spesial atau turun menjadi Rp 75 juta, yang semula Rp 90 juta. Tertarik membelinya?



Simak Video "Wajah Piaggio Ape City, Motor Roda 3 Seharga 75 Juta di IIMS"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)