Barang Langka Nih, Piaggio Bawa Motor Tiga Roda Mirip Bajaj ke IIMS 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 21 Apr 2021 20:26 WIB
Motor Roda Tiga Piaggio muncul di IIMS 2021, bentuknya mirip Bajaj
Motor tiga roda Piaggio muncul di IIMS 2021 (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Hajatan Indonesia Internasional Motor Show atau IIMS 2021 makin ramai dengan kehadiran moto roda tiga besutan Piaggio Commercial Vehicles yang dibawa PT Maha Era Motor.

Unik, selain bentuknya mirip bajaj atau bemo yang sempat seliweran di Jakarta, motor roda tiga ini bisa disulap menjadi kendaraan niaga ala food truck. Ada dua model yang mejeng di IIMS 2021, yakni Ape City, Ape Cargo, dan tipe tertinggi, yakni Ape Calessino.

Pun untuk di IIMS Hybrid 2021, Ape City dan Ape Calessino hadir dengan harga spesial. Diskon mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 35 juta.

"Harga normal (Ape Calessino) Rp 125 juta, di IIMS ini kita ada harga spesial jadi Rp 90 juta," ujar Ega salah satu crew PT Maha Era Motor yang berjaga di booth Piaggio Commercial Vehicle saat ditemui detikcom, Rabu (21/4/2021).

Sedangkan Ape City yang biasa digunakan di Thailand sebagai kendaraan khas roda tiga atau dikenal Tuk Tuk dibanderol lebih murah atau setara dengan motor sport 250 cc dua silinder di Indonesia.

"Ape City harga normal Rp 90 juta, di IIMS harga spesial jadi Rp 75 juta," jelasnya.

Sementara untuk spesifikasinya, Ega mengatakan, Ape menggunakan mesin 200 cc, 4-tak, dengan 4 percepatan. Pengoperasiannya mirip dengan Vespa 2-tak. Selain itu motor roda tiga ini juga memiliki gigi mundur.

"Bahan bakarnya ada dua, CNG dan bensin (tipe Ape Calessino), Ape City hanya bensin," tutur dia.

Bentuknya mirip dengan bajaj dan tuk tuk di Thailand, Konfigurasi 1+2 tempat duduk Piaggio Ape ini menjadikan kemudi ada di bagian tengah dashboard. Baris depan hanya dapat diisi satu penumpang yakni sopir. Sedang baris kedua dapat diisi 2 penumpang dewasa. Siapa saja yang beli?

"Kebanyakan penghobi dari Vespa, karena ini kan keluaran Piaggio, di Indonesia pun jarang," ungkap dia.



Simak Video "Wajah Piaggio Ape City, Motor Roda 3 Seharga 75 Juta di IIMS"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)