IMX 2021 Digelar Lagi, Road Show di 3 Kota dan Bagi-bagi Hadiah Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 24 Feb 2021 19:37 WIB
Indonesia Modification Expo (IMX) 2021
Indonesia Modification Expo kembali digelar tahun ini meski secara virtual (IMX 2021)
Jakarta -

Indonesia Modification Expo (IMX) akan kembali diselenggarakan secara virtual pada 2021. Di tengah keterbatasan karena pandemi, IMX bertekad menyelenggarakan event yang bisa menjaring puluhan ribu penonton.

Event puncak IMX 2021 bakal diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober 2021. Namun sebelum itu akan ada serangkaian event dihelat. Event tersebut adalah 'Road To IMX Series', yang akan ditayangkan secara virtual juga. Acara road show tersebut akan diselenggarakan di tiga kota besar yakni Bali, Makassar, dan Pekanbaru. Bali kebagian jatah pertama pada 27 Maret 2021, lalu Makassar 5 Juni 2021, dan terakhir Pekanbaru 31 Juli 2021.

IMX Project Director, Andre Mulyadi, mengungkapkan acara ini merupakan yang pertama dilakukan secara online. Selain itu pihak IMX belajar dan mendapat masukan dari acara sebelumnya di 2020, sehingga melakukan banyak pembaruan pada IMX 2021 ini.

"Kami menyadari bahwa pandemi tampaknya belum akan benar-benar hilang saat ini, berbekal pengalaman penyelenggaraan IMX 2020 virtual tahun lalu, kami merupakan yang paling pertama melakukan terobosan tersebut, mempertahankan tren yang baik, serta menambah beberapa bagian yang dirasa kurang. Oleh karena itu dengan berbagai pertimbangan kami segera memutuskan penyelenggaraan IMX 2021 dilakukan dengan konsep All Virtual," ujarnya.

Di tahun 2018 dan 2019 acara Indonesia Modification Expo berlangsung secara offline dan menarik minat masyarakat. Namun ternyata puncak audience yang datang justru saat 2020, di tengah pandemi COVID-19 audience yang menghadiri acara tersebut mencapai 27 ribu orang.

"Ini merupakan event keempat, di tahun 2018 dan 2019 kita mengadakan offline di Balai Kartini, Jakarta. Namun memasuki tahun 2020 kita mengadakan secara virtual dan tahun ini pun juga begitu," kata Andre.

"Tahun lalu saat pandemi justru mendapat audience yang meningkat dari dua tahun sebelumnya. Totalnya tahun lalu mencapai 27.000 audience yang check-in di IMX 2020," ungkapnya saat konferensi pers.

Untuk tahun ini, Andre memiliki target untuk mencapai audience lebih banyak lagi. Ditargetkan IMX 2021 dapat mengumpulkan sekitar 50 ribu audience yang hadir di acara virtual.

"Untuk target di tahun ini kami ingin mencetak 50 ribu audience, terutama juga interaksi dari pengguna sosial media Instagram," sambungnya.

IMX 2021 mengusung tema "LIMITLESS" yang mempresentasikan bahwa dunia industri otomotif khususnya modifikasi tak bisa dibatasi karena adanya pandemi, selalu bergerak secara kreatif dalam berkarya.

Membahas soal key visual, IMX 2021 dibuat bertemakan futuristik, dengan konsep mobil ikonik masa depan yang terinspirasi dari film science fiction dengan tambahan detail yang mencirikan Indonesia.

Key visual tersebut dibuat oleh Musa Tjahjono, yang merupakan Head Of Designer West Coast Customs di California, AS. Pria berdarah Indonesia ini juga sempat membuat desain mobil artis ternama seperti Justin Bieber, Bruno Mars hingga Kylie Jenner.

Pada acara puncak nanti, Indonesia Modification Expo 2021 kembali menampilkan 50 mobil modifikasi pilihan dalam NMAA Top 50 "Carwalk" hasil kurasi dari para kurator di dunia. Dalam acara tersebut akan menampilkan parade mobil modifikasi yang akan ditampilkan secara virtual, dan dapat diakses secara 360 oleh penonton.

Tak hanya itu, IMX 2021 juga menyuguhkan acara dalam konsep "VIRTUAL STAGE" yang dapat dibeli tiketnya beberapa bulan sebelum acara dimulai. Selain acara puncak, pada gelaran Road To IMX 2021 juga dapat disaksikan oleh penonton dengan membeli tiket yang tersedia.

Kemudian hadir juga "IMX DIGITAL MARKET" yang menyajikan produk-produk aftermarket serta modifikasi dengan harga yang cukup kompetitif. Andre mengungkapkan memiliki target transaksi yang didapat dari aftermarket sales pada gelaran acara tahun ini.

"Kalau jumlah transaksi, kita memiliki target sampai 4 Miliar dalam aftermarket salesnya," tutur Andre.

Pada puncak acara nanti juga akan menghadirkan giveaway dan super giveaway seperti pada acara sebelumnya. Nantinya akan ada empat mobil yang diberikan kepada para pengunjung yang datang ke acara IMX 2021. Namun mengenai mobil apa yang diberikan, pihak IMX masih merahasiakan hal itu.

Pihak IMX 2021 juga memiliki berbagai acara lain yaitu "Modz Battle" yakni kompetisi antar Youtuber dengan Garasi Drift dan Pengepul Mobil. Acara tersebut sudah digelar sejak Februari.

Dalam gelaran IMX 2021 juga menggandeng para key opinion leader dalam dunia otomotif yang sudah tak terpisahkan sejak awal IMX berlangsung. Andre menyebutkan hal ini untuk membantu perekonomian khususnya dalam industri otomotif.

"Yang terpenting industri ini bergerak seraya beradaptasi mengikuti semua protokol kesehatan, aspek keselamatan, dan tentunya kesejahteraan bagi semua yang terlibat," ungkap Andre.



Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)