Skuter Listrik Yamaha Neo Bakal Diboyong ke Indonesia?

ADVERTISEMENT

Skuter Listrik Yamaha Neo Bakal Diboyong ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 02 Jan 2023 15:54 WIB
Motor listrik Yamaha Neo
Yamaha Neo. Foto: Dok. Yamaha Vietnam
Jakarta -

Skuter listrik Yamaha Neo resmi meluncur di Vietnam dengan harga setara nominal Rp 32,8 juta. Skuter ini memiliki tampilan kekinian dengan performa yang menjanjikan. Apakah Yamaha Neo juga akan dijual di Indonesia?

Asst. General Manager - Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, mengatakan, saat ini Yamaha Indonesia belum berencana membawa skuter listrik Neo ke Indonesia. Yamaha Indonesia masih fokus untuk program elektrifikasi yang sudah dijalankan sebelumnya.

"Untuk sekarang belum ada rencana (membawa Neo ke Indonesia). Kami masih fokus melakukan market test (skuter listrik) E01 sekarang," ungkap Anton kepada detikOto, Senin (2/1/2023).

Sebagai informasi, Yamaha Neo yang dipasarkan di Vietnam menggunakan motor listrik generasi baru, YIPU (Yamaha Integrated Power Unit) 2, yang dibuat secara eksklusif oleh Yamaha. Pada sistem ini, mesin, rem belakang, juga sistem kontrol MCU (Motor Control Unit) terpasang pada swingarm (lengan ayun) belakang.

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Sistem mesin ini dipasangkan pada velg 10 palang berukuran 10 inci dengan menggunakan baut, sehingga sangat mudah melepas roda saat menambal atau mengganti ban.

Motor ini memiliki baterai Lithium-ion/BFM1,51,1 V, 23,2Ah, yang bisa diisi penuh dalam 8 jam. Saat baterai terisi penuh, motor ini bisa melaju sejauh 72 km, namun dengan catatan kecepatannya harus ada di kisaran 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg.

Secara performa, motor listrik yang dipasang di motor ini mampu menghasilkan tenaga 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm pada 40 rpm. Berat motor ini mencapai 98 kg, termasuk baterai.

Sejumlah fitur unggulan tersaji di motor ini, seperti opsi pemasangan baterai tambahan di ruang bagasinya, charger di konsol boks depan, mode berkendara eco dan normal, konektivitas dalam aplikasi Y-Connect, hingga sistem keyless.

Bicara pilihan warna dan harga, Yamaha Vietnam menawarkan Neo dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan biru. Sementara banderolnya mulai 50.000.000 VND atau bila dirupiahkan jadi Rp 32,8 juta.



Simak Video "Sangar! Ini Tunggangan Fabio Quartararo untuk MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT