Spesifikasi Motor Listrik Yamaha Neo: Harga Rp 32 Juta, Bisa Tempuh Jarak 72 Km

ADVERTISEMENT

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha Neo: Harga Rp 32 Juta, Bisa Tempuh Jarak 72 Km

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 01 Jan 2023 18:11 WIB
Motor listrik Yamaha Neo
Motor listrik Yamaha Neo. Foto: Dok. Yamaha Vietnam
Jakarta -

Yamaha Vietnam resmi meluncurkan motor listrik berbentuk skuter dengan nama Neo. Berbeda dengan proyek Yamaha E01 yang masih dalam tahap uji coba, Yamaha Neo sudah dijual resmi dan bisa dibeli konsumen umum. Seperti apa spesifikasinya?

Dikutip dari website resmi Yamaha Vietnam, Yamaha Neo membawa tiga keunggulan. Pertama adalah solusi mobilitas yang pintar dengan penerapan teknologi pintar serta desain futuristis. Neo berkontribusi untuk membuat perjalanan tidak hanya lebih mudah, tapi juga lebih menyenangkan.

Keunggulan kedua adalah gaya hidup ramah lingkungan yang ditawarkan melalui fitur dan teknologi yang membuat motor sebagai alat transportasi yang bersih dan ramah lingkungan.

Ketiga, Yamaha Neo memiliki tampilan yang stylish, berkepribadian, berjiwa muda, dan trendi, membantu konsumen muda dengan percaya diri menjalani gaya hidup aktif.

Sekarang mari kita lanjut ke detail spesifikasinya:

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Desain dan Dimensi

Secara tampilan, Yamaha Neo hadir dengan desain ala skuter kekinian dengan bentuk serba membulat. Bagian depan menggunakan cover lampu yang membentuk seperti sepasang mata. Lalu di bagian belakangnya memiliki desain lampu yang terpisah dari bagian bodi.

Untuk dimensinya, motor ini memiliki panjang 1.875 mm, lebar 695 mm, 1.120 mm, dan tinggi jok 795 mm. Skuter ini memiliki ground clearance 148 mm, jarak antara 2 sumbu roda 1.305 mm, dan bobot 98 kg (termasuk baterai).

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Performa Mesin dan Baterai

Yamaha Neo dibekali penggerak motor listrik yang memiliki kapasitas 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm pada 40 rpm. Sementara baterainya menggunakan kapasitas baterai 51,1 V, 23,2 Ah berjenis Lithium-ion/BFM1. Baterai tersebut bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam. Menariknya, baterai ini bisa dilepas-pasang dengan mudah.

Soal performa, baterai ini bisa menempuh jarak hingga 72 km, dengan catatan kecepatannya konstan 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg. Jarak tempuh tersebut nantinya bisa diperpanjang lagi karena skutik ini bisa dibekali opsi dua baterai tambahan yang dipasang secara portabel di bawah jok.

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Kaki-kaki dan Rem

Motor ini menggunakan rangka jenis backbone. Bagian belakang menggunakan suspensi ganda. Yamaha Neo menggunakan velg ukuran 13 inci palang 10. Profil depannya adalah 110/70-13 M/C 48P dan profil ban belakangnya adalah 130/70-13 M/C 63P. Rem depan motor ini sudah pakai cakram, sementara belakang masih pakai teromol.

Fitur-fitur

Fitur-fitur di motor ini meliputi charger di konsol boks depan untuk mengecas ulang gawai atau smartphone, lalu ada panel instrumen digital dengan mode berkendara eco, serta normal, kemudian konektivitas dalam aplikasi Y-Connect, hingga sistem keyless. Lampu-lampu di motor ini juga sudah mengadopsi LED.

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Pilihan Warna dan Harga

Bicara pilihan warna dan harga, Yamaha Vietnam menawarkan Neo dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan biru. Sementara banderolnya mulai 50.000.000 VND, setara Rp 32,8 juta.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT