Honda PCX dan ADV 160 Kena Recall, Bagaimana Nasib Vario 160?

ADVERTISEMENT

Honda PCX dan ADV 160 Kena Recall, Bagaimana Nasib Vario 160?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Sabtu, 08 Okt 2022 20:05 WIB
All New Honda Vario 160
Honda Vario 160. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Dua pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan recall atau penarikan unit Honda PCX dan ADV 160 dari konsumen. Mereka menjelaskan, penarikan tersebut diumumkan usai ditemukan masalah pada komponen CVT, yakni pulley assy driven. Lalu, bagaimana nasib Honda Vario 160?

Bagi yang belum tahu, Honda Vario 160 menggunakan mesin yang sama seperti Honda PCX dan ADV 160. Itulah mengapa, pengumuman recall tersebut sempat ditanyakan sejumlah pengguna motor tersebut di berbagai forum media sosial.

Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno memastikan, recall Honda PCX dan ADV 160 tidak menjalar ke Honda Vario 160. Sebab, meski mesinnya sama, keduanya menggunakan komponen CVT yang berbeda.

"Jadi Honda Vario 160 itu driven pulley-nya berbeda. Kalau PCX sama ADV 160 memang sama. Nah, intinya, meski mesin sama, ada perbedaan di bagian CVT-nya," ujar Endro saat ditemui wartawan di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

Berkaca dari kenyataan tersebut, Honda Vario 160 aman dari masalah pulley assy driven. Dia juga mengingatkan, pengguna ADV dan PCX 160 yang sudah mendapat panggilan dari AHM, segera membawa kendaraannya ke bengkel AHASS terdekat.

"Driven pulley motor itu (ADV dan PCX 160) kita perlu cek lagi, kita akan ganti. Konsumen yang dapat undangan, bisa bawa kendaraannya ke AHASS terdekat," tegasnya.

PT Astra Honda Motor merilis motor skutik terbaru andalannya Honda Vario 160, Rabu (2/2/2022). Skutik ini mendapat pembaruan dari segi fitur, rangka eSAF, desain, dan juga mesin ESP+.PT Astra Honda Motor merilis motor skutik terbaru andalannya Honda Vario 160, Rabu (2/2/2022). Skutik ini mendapat pembaruan dari segi fitur, rangka eSAF, desain, dan juga mesin ESP+. Foto: Agung Pambudhy

Tak Semua Honda ADV dan PCX 160 Kena Recall

Sebelumnya, pada unggahan yang banyak beredar di media sosial, AHM mengirim surat pemberitahuan ke konsumen lantaran ada masalah di komponen pulley assy driven pada Honda PCX dan ADV 160.

AHM menjelaskan, ada ketebalan part yang tak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna. Takutnya, jika terlalu lama dibiarkan, akan muncul noise atau suara bising pada area CVT dan bisa mengakibatkan penurunan kinerja di bagian tersebut.

Senior Manager Corporate Communication AHM, Rina Listiani memastikan, program recall tersebut sudah dimulai sejak September 2022 lalu. Pihaknya mengambil langkah tersebut untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan konsumen tetap terjaga.

Meski demikian, Rina memastikan, tak semua pengguna Honda PCX 160 dan ADV 160 diminta membawa kendaraannya ke AHASS. Menurutnya, hanya kendaraan dengan nomor rangka tertentu saja yang diundang.

"Iya, enggak semua. Hanya nomor rangka tertentu saja (yang di-recall), dan ini semua gratis," kata Rina.



Simak Video "Tenang! Recall PCX 160-ADV 160 Tak Berimbas Pada Vario 160"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT