Honda PCX Kena Recall, Bukan Kali Pertama Terjadi

ADVERTISEMENT

Honda PCX Kena Recall, Bukan Kali Pertama Terjadi

Tim detikcom - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 14:15 WIB
Jakarta -

PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan recall terhadap unit Honda PCX 160 dan ADV 160. Kali ini masalahnya ada pada komponen transmisi CVT. Ini bukan pertama kalinya Honda me-recall PCX.

Kabar recall unit Honda PCX 160 dan ADV 160 banyak beredar di sejumlah forum Honda Motor di Facebook. Berdasarkan pantauan detikOto, beberapa akun membagikan pesan dan notifikasi yang meminta mereka terlibat di program 'Product Update'.

Pada pesan yang banyak dibagikan di forum tersebut, tertulis keterangan bahwa ada komponen di CVT yang harus diperiksa dan diganti, yakni Pulley Assy Driven.

AHM melalui pesan tersebut menjelaskan, ada ketebalan part yang tak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna. Takutnya, jika dibiarkan saja, akan muncul noise atau suara bising pada area CVT dan bisa mengakibatkan penurunan kinerja di bagian tersebut.

"Untuk menghindari hal itu, dilakukan pemanggilan konsumen dan penggantian komponen CVT (Pulley Assy) di bengkel resmi sepeda motor Honda tanpa dikenakan biaya," tulis AHM melalui pesan singkat yang dikirimkan ke konsumen yang terdampak.

Senior Manager Corporate Communication PT AHM, Rina Listiani membenarkan, pihaknya telah mengirim surat pemberitahuan ke konsumen PCX 160 dan ADV 160 untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Langkah tersebut diambil untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan para konsumen.

"Iya benar, kami sudah mengundang konsumen untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel AHASS. Program ini sudah dimulai sejak September, dan sudah ada beberapa (konsumen) yang membawa kendaraannya," ujar Rina kepada detikOto, Sabtu (24/9/2022).

Berdasarkan catatan detikcom, ini bukan pertama kali Honda me-recall PCX. Tiga tahun lalu, Honda juga melakukan recall terhadap PCX yang ketika itu masih menggunakan mesin 150 cc. Saat ini, Honda PCX 150 mengalami kendala pada bagian komponen mesin, yaitu sprocket cam. Komponen yang berpotensi rusak itu dapat menyebabkan mesin mati mendadak sehingga harus dilakukan perbaikan.

[Lanjut ke halaman berikutnya]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT