ADVERTISEMENT

Segini Biaya Restorasi Suzuki Satria RU 120 dari Bahan sampai Jadi

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 12:41 WIB
Suzuki Satria RU 120
Suzuki Satria RU 120. Foto: (Luthfi Anshori/detikcom)
Jakarta -

Suzuki Satria merupakan salah satu nama legendaris di era motor 2-tak. Motor ini jadi idaman kaum muda sejak meluncur pertama kali tahun 1997 silam. Melihat fenomena motor 2-tak yang kini sedang naik daun, tidak ada salahnya para pecinta otomotif untuk melirik satu motor ini. Berikut estimasi biaya beli 'bahan' hingga ongkos restorasi Suzuki Satria RU 120.

Seperti pengalaman yang diungkapkan oleh Wisnu, ia membeli Suzuki Satria RU 120 dalam kondisi bekas yang sudah tidak digunakan pemiliknya selama satu tahunan. Mendapatkan unit Satria RU 120 dalam kondisi 'bangkai', Wisnu menebusnya dengan harga relatif murah.

"Saya beli di tetangga, Satria RU 120 lansiran 2004. Awalnya ini motor dipakai buat belanja ke pasar. Tapi kemudian nggak dipakai lagi sama yang punya dan akhirnya terbengkalai selama satu tahun. Saya dapat motor 'bahan' ini di harga Rp 2,7 juta," bilang Wisnu kepada detikOto.

Suzuki Satria RU 120Suzuki Satria RU 120 Foto: (Luthfi Anshori/detikcom)

Tentunya motor itu tidak bisa langsung digunakan olehnya. Perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan di sana-sini, istilah kerennya adalah restorasi atau mengembalikan kondisi motor seperti keadaan semula. Biaya restorasi yang dikeluarkan Wisnu bahkan lebih besar dari harga motornya sendiri.

"Sejauh ini udah abis Rp 3 jutaan buat biaya merapikan motor ini. Bodinya dicat ulang semua, striping grafisnya juga. Terus mesin diturunkan buat ganti setang sehernya. PR selanjutnya mungkin ganti ban ya," sambung bikers asal Cileungsi itu.

Sebagai motor hobi, Wisnu pun jarang menggunakan motor ini, apalagi buat harian. Untuk kendaraan harian, Wisnu lebih suka memakai motor matic 4-tak seperti Yamaha Mio atau Honda Scoopy.

"Untuk Satria paling cuma dipakai buat touring aja, atau sesekali kalau lagi kumpul sama teman-teman," bilangnya lagi.

Suzuki Satria RU 120Suzuki Satria RU 120 Foto: (Luthfi Anshori/detikcom)

Sebagai informasi, motor 2-tak Suzuki Satria RU 120 kerap dijuluki sebagai Satria Hiu. Generasi sebelum Satria Hiu disebut dengan Satria Lumba-lumba.

Bicara kapasitas dapur pacu, motor ini dibekali mesin 120 cc, dengan spesifikasi diameter x langkah 56 mm x 49 mm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak 13,5 PS pada 8.000 rpm. Adapun untuk sistem transmisinya adalah manual 6-speed.

Dengan tenaga sebesar itu, motor bebek ini punya bobot cukup ringan, yakni kisaran 101 kg (berat kering). Tapi karena motor ini mengusung 2-tak, konsumsi bahan bakarnya tidak seirit motor bebek 4-tak kekinian. Konsumsi bahan bakar Satria RU 120 ada pada kisaran 1:25 - 1:35.

Melihat mesinnya yang berpolusi dan konsumsi bahan bakar yang kurang efisien, tentunya motor ini tidak direkomendasikan buat kendaraan harian. Motor ini cocoknya dijadikan motor hobi, yang sesekali digunakan untuk touring atau sekadar mengikuti kegiatan Sunmori (riding Minggu pagi).

Mengutip salah satu situs jual beli online, Satria RU 120 bekas ditawarkan dengan rentang harga Rp 8 juta hingga Rp 15 juta.



Simak Video "Grebek Dealer Motor 2 Tak Langka! Ada yang Seharga Avanza Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT