China Bikin Kloningan BMW R 1250 GS, Pakai Mesin 500 cc

ADVERTISEMENT

China Bikin Kloningan BMW R 1250 GS, Pakai Mesin 500 cc

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 20 Feb 2022 09:06 WIB
Motor China Moxiao MX500-7D
Foto: Rideapart. Motor China Moxiao MX500-7D.
Jakarta -

Beberapa pabrikan otomotif China dikenal gemar mengkloning atau membuat tiruan produk otomotif yang sudah terkenal di pasaran. Kali ini giliran moge petualang, BMW R 1250 GS, yang jadi inspirasi produsen China untuk membuat motor dengan konsep serupa.

Dikutip dari Rideapart, produsen asal China, Moxiao, baru-baru ini merilis produk motor petualang baru yang desainnya sangat mirip dengan BMW R 1250 GS. Moxiao sendiri memang dikenal sering membuat tiruan motor-motor terkenal buatan Eropa.

BMW R 1250 GSBMW R 1250 GS Foto: BMW Motorrad

Sebelumnya Moxiao telah merilis motor tiruan Ducati Streetfighter V4, Ducati Panigale V4, dan bahkan Superleggera V4. Semuanya menggunakan 471 cc paralel-twin, yang merupakan tiruan mesin Honda CB500.

Tak puas meniru ketiga motor Ducati itu, Moxiao kini merilis model motor baru yang merupakan fotokopian BMW R 1250 GS. Motor ini dinamakan sebagai Moxiao MX500-7D. Motor ini menampilkan bodywork dengan gaya yang sama dengan R 1250 GS.

Moxiao MX500-7D bahkan mendapatkan lampu depan asimetris yang ikonik dan panel bodi yang serasi. Motor ini juga menggunakan semacam besi untuk melindungi bagian bodinya. Tampak juga motor ini menggunakan velg jari-jari.

Beberapa aksesori pendukung pun disematkan, seperti hand guard, lalu windshield, hingga boks pannier. Dilihat dari tampilannya, motor ini tampak masih berupa prototipe, sebab warna motor masih polosan dengan kombinasi hitam dan putih, belum ada livery atau grafis yang disematkan.

Motor ini ditenagai oleh mesin 471cc, 180 derajat, paralel-twin. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 45 dk. Tenaga itu memang cukup besar, tapi bobot motor ini juga cukup berat, mencapai 217 kg dalam kondisi kering (belum diisi cairan oli, bahan bakar, dan lain sebagainya).

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT