Kehadiran Vario 160 Bakal Ganggu Aerox? Begini Respons Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 04 Feb 2022 07:35 WIB
Honda Vario 160
Honda Vario 160 Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)
Jakarta -

Kehadiran Honda Vario 160 secara langsung berhadapan dengan Yamaha Aerox 155 Connected. Kendati memiliki perbedaan desain dan fitur namun kedua motor ini sama-sama merebut segmen skuter sporty.

PT Yamaha Indonesa Motor Manufacturing (YIMM) masih santai dengan kehadiran Vario 160. Sebab pabrikan berlambang garpu tala percaya diri dengan produk yang diusung pada Yamaha Aerox 155 Connected.

"Semakin banyak produk akan semakin memudahkan konsumen untuk memilih," tutur Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ditemui di Bogor, Kamis (3/2/2022).

"Pilihan konsumen tak hanya sekedar head to head dari sisi performa, banyak hal, dari sisi desain, fitur, tingkat value for money. Itu sah-sah saja. Semua brand boleh mengeluarkan produk yang intinya konsumen yang memilih sesuai dengan kebutuhannya," sambung Anton.

"Kita pede (percaya diri) dengan Aerox dengan fitur, teknologinya, dan juga respon dari masyarakat terkait dengan Aerox bisa diterima dengan baik, ya kita pede," jelas dia.

Well secara head to head, antara Aerox 155 Connected dengan Vario 160 memang memiliki keunggulan dan kelemahan.

Misalnya fitur di kedua motor ini sudah dibekali sistem pencahayaan full LED, panel instrumen digital, keyless, dan alarm. Sayangnya untuk All New Aerox, lampu seinnya masih menggunakan bohlam.

Sementara Honda mulai berbenah dengan memberikan power outlet di Vario 160. Ya di zaman sekarang, power outlet sangat penting guna mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Keduanya sama-sama sudah tersematkan teknologi menghemat bahan bakar. Jika Honda punya label Idling Stop System (ISS) sedangkan Yamaha dikenal Start Stop System, kondisi akan aktif saat mesin idling.

Untuk All New Aerox Connected (versi termurah) punya pengereman yang kurang lebih sama dengan Honda Vario 160 versi CBS. Pengereman depan cakram dan belakang masih tromol. Sedangkan tipa Vario 160 baik rem depan dan belakang sudah mengusung model cakram.

Untuk suspensi kedua motor ini juga punya perbedaan yang signifikan. Jika Vario 150 masih monoshock atau suspensi tunggal. All New Aerox 155 Connected ABS, sudah menggunakan sokbreker belakang ganda yang dilengkapi dengan tabung.

Melengok fitur lainnya, All New Aerox 155 yang sudah dilengkapi fitur Y-Connect bisa terhubung dengan smartphone melalui Bluetooth. Sementara hal ini belum ditemukan pada Vario 160.

Jika bicara harga, jelas Aerox 155 Connected lebih mahal dari Honda Vario. Yamaha All New Aerox 155 Connected / ABS dijual seharga Rp 29.900.000 dan untuk All New Aerox 155 Connected seharga Rp 26.400.000.

Kompetitornya, Honda Vario 160 termurah dibanderol mulai dari Rp 25.800.000 (CBS), dan varian tertinggi Rp 28.500.000 (ABS).

Kalau kamu pilih yang mana?

Simak Video 'Perbandingan Spesifikasi Honda Vario 160 Vs Yamaha Aerox 155, Pilih Mana?':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)