Mulus.. Motor Jokowi Habis Jajal Sirkuit Mandalika Mejeng di GIIAS 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 19:59 WIB
Jakarta -

Motor yang dipakai Presiden Joko Widodo di Sirkuit Mandalika mejeng dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Presiden juga sempat menghampiri motor tersebut bersama rombongan saat berada di hall 5, ICE-BSD, Tangerang.

Presiden Jokowi sempat melihat motor yang digunakannya saat meresmikan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung juga bisa melihat langsung motor garapan Katros Garage bergaya Chopper Racer ini.

Presiden Jokowi saat melihat motor kustomnya di GIIAS 2021Presiden Jokowi saat melihat motor kustomnya di GIIAS 2021 Foto: Istimewa

Dilihat dari dekat motor ini tampil dengan hal fairing khas cafe racer yang membulat. Selain itu, terdapat penambahan hornet pada area belakang, serta cover pada bagian bawah mesin.

Tak ketinggalan terdapat livery khas motor balap dengan chequered flag dengan opacity tipis yang dikombinasikan dengan kelir hijau metallic (royal top green). Pun ada beberapa aksen seperti tulisan RI-1 hingga Indonesia.

Motor kustom tersebut dibuat mengandalkan basis sebelumnya yakni bergaya Bobber. Dengan basis tersebut, tim Katros Garage melakukan penambahan di bagian fairing depan, bodi belakang, dan cover mesin bawah.

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

"Perubahan ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus berkreasi sebagai anak muda Indonesia. Dengan tampilan yang baru ini, semoga dapat semakin menggairahkan lagi skena motor custom di Indonesia," kata Andi dalam siaran pers.

Nuansa Indonesia makin kental dengan motif Batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing. Tak ketinggalan terdapat emblem bertuliskan nama Presiden "Jokowi" pada bagian tangki motor.

Tak hanya itu, tim Katros Garage juga memasang grip gas terbaru bernama Indonesia Satu.

Pemasangan grip gas ini merupakan hasil kolaborasi antara Katros Garage dengan Hayaidesu Indonesia. Pada grip gas tersebut terdapat ukuran batik keris, anyaman bambu, dan peta Indonesia.

"Grip gas itu kami buat dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober lalu. Misi utamanya adalah untuk menyemangati pemuda Indonesia untuk tetap bersatu walau dalam situasi yang sulit sekalipun," jelas Atenx.

Dalam proses pengerjaan kustomisasi sepeda motor Jokowi, Katros Garage membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Meskipun secara tampilan Kawasaki W175 ini sudah berubah drastis dari versi sebelumnya, namun Katros Garage tetap mempertahankan posisi berkendara.

Spesifikasi motor kustom Chopper Racer milik Jokowi:

  • Velg depan : ukuran 3.00-16
  • Velg belakang : ukuran 3.50-16
  • Ban depan dan belakang : ukuran 500-16
  • Suspensi depan : Tipe Upside Down
  • Lampu depan : Halogen 5,75 inci
  • Lampu sein depan : LED
  • Lampu belakang : LED 3in1
  • Stang : Drag Bar style
  • Tangki dan bodi samping : handmade
  • Fairing dan hornet : handmade
  • Mika fairing : custom 3 mm
  • Cover mesin bawah : handmade
  • Jok : kulit sintetis.
(riar/din)