Awas Melongo.. 40 Tahun Moge Jadul Yamaha Masih Dibungkus Peti dari Pabrik

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 08 Nov 2021 11:54 WIB
Yamaha SR500H
Yamaha SR500H dilelang Foto: Mecum Auction
Jakarta -

Satu unit motor gede (moge) Yamaha SR500H lansiran tahun 1981 masih original dan dalam kondisi baru meski sudah berumur puluhan tahun. Pasalnya motor tersebut belum dikeluarkan dari peti kemas sejak dirilis dari pabrik.

Yamaha SR500 ini mungkin satu-satunya yang tersisa di dunia yang masih dalam peti asli pabriknya, belum pernah dibongkar, dirakit, atau dikendarai.

Selama bertahun-tahun motor tersebut dimiliki oleh Charles "Chuck" Hardin dari Empire Cycle di Spokane, Washington, yang memilih untuk menyimpannya di dalam peti . Charles juga membiarkan motor apa adanya, walhasil 40 tahun kemudian Yamaha SR500 yang disimpan dalam peti pengemasan itu seperti kapsul waktu.

Dikutip Silodrome, Senin (8/11/2021) Yamaha SR500Hpertama kali dirilis pada tahun 1978. Motor ini dikenal sebagai versi jalan raya dari sepeda motor off-road Yamaha XT500 yang populer sekitar 40 tahun silam.

SR500 ditenagai oleh mesin satu silinder berpendingin udara yang terkenal tangguh dengan cam overhead tunggal, dua katup per silinder yang dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan.

Sepeda motor ini sekarang masuk ke lelang dengan Mecum Auction, Las Vegas pada akhir Januari 2022. Kondisi motor apa adanya namun karena tidak dibuka sudah selama 40 tahun body dan mesin masih mulus. Bahkan karena benar-benar belum diutak-atik, beberapa part seperti ban depan belum dipasang.

SR500H adalah model yang ditawarkan untuk dijual di pasar AS pada tahun 1981, ini juga merupakan tahun terakhir model tersebut ditawarkan di Amerika Serikat.

Yamaha SR500HYamaha SR500H Foto: Mecum Auction

Terkenal karena ketangguhannya, sepeda motor ini populer di Jepang, Australia, dan Eropa. Dalam beberapa tahun terakhir SR500, dan turunannya SR400, telah menjadi pilihan umum bagi para pembuat sepeda motor kustom di seluruh dunia yang mengubahnya menjadi cafe racer, scrambler, flat tracker, dan sepeda bergaya Brat.



Simak Video "Jangan Lupa! PPnBM Moge Turun ke 95% Harga Moge Baru Jadi Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)