GIIAS 2021

Modal Rp 35 Juta, RX-King Tak Lagi Ngebul dan Berisik Berubah Jadi Motor Listrik!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 19:36 WIB
Jakarta -

Yamaha RX-King terkenal dengan suara nyaringnya dan knalpot yang mengeluarkan asap ngebul. Tak heran, motor dua tak andalan Yamaha itu memiliki banyak penggemar meski produksinya sudah lama dihentikan. Bukan cuma dari mesinnya yang bertenaga, banyak yang menyukai RX-King dari tampilannya.

Bahkan, ada yang tertarik dengan RX-King dari tampilannya tapi tidak suka dengan suara dan asap knalpotnya. Karenanya, lahirlah motor yang diberi nama RX-Ohm, RX-King yang dibekali tenaga listrik.

RX-King versi listrik ini dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Motor RX-King bertenaga listrik yang dipajang di GIIAS ini merupakan motor milik Setrum.com. Farman Fab dari Setrum.com menyebutkan, motor ini awalnya dimiliki oleh pria asal Belanda bernama Michael. Awalnya dia menyukai bentuk RX-king tapi tidak suka dengan suara bisingnya.

Menurut Farman, pengerjaan konversi Yamaha RX-King jadi motor listrik tidak memakan waktu lama. Hanya, karena terhambat pandemi pengerjaan jadi sedikit molor.

"Waktu pengerjaannya itu mungkin dia terhambat gara-gara pandemi. Kalau tidak ada pandemi sebulan nggak sampai. Sebentar kok," ucap Farman kepada detikcom di arena GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Konversi motor RX-King jadi motor listrik ini dikerjakan oleh FZ Ebike. Menurut Farman, pemilik RX-King lain bisa saja mengubah motornya menjadi motor listrik. Harganya pun bervariasi.

"Harga balik lagi maunya sejauh apa, sekencang apa. Rata-rata Rp 25-35 juta, Rp 35 juta itu udah kencang. Itu belum sama motornya, itu konversi jadi listrik doang. Tapi kalau cuma asal bisa jalan ya Rp 20 juta ke bawah udah bisa. Dinamonya yang kecil, kontrolernya yang kecil, baterainya jangan yang gede," jelas Farman.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Mesin dua tak Yamaha RX-King ini ditanggalkan. Sebagai gantinya, baterai dan kontroler mengisi kekosongan bagian yang ditinggalkan mesin dua tak RX-King. Motor listriknya berada di hub roda belakang.

Spesifikasi Yamaha RX-King motor listrik:

  • Basis: Yamaha RX-King 1992
  • Motor elektrik: QS Hub drive 3 kW
  • Baterai: 71,4 volt 30 Ah Lifepo4
  • Battey Management System: Dark Horse
  • Controller: Kelly KLS-S 7230
  • Top speed: 100 km/jam (buat jalan santai)
  • Jarak tempuh: 60 km
  • Builder: FZ Ebike.

(rgr/din)