GIIAS 2021

RX-King Menolak Takdir, 'Disetrum' Jadi Senyap dan Tak Berasap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 10:41 WIB
Jakarta -

Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 beragam kendaraan listrik dipamerkan. Nggak cuma mobil dan motor listrik baru, motor lama yang dikonversi jadi motor listrik pun banyak. Salah satunya adalah Yamaha RX-King yang menolak takdir ini.

Sekilas mungkin tak ada yang beda dari tampilan Yamaha RX-King ini. Tapi kalau dilihat lebih detail, RX-King ini ternyata tidak knalpot. Soalnya, motor legendaris dari Yamaha ini sudah dikonversi jadi motor listrik.

Yamaha RX-King terkenal dengan mesin dua tak yang menghasilkan suara yang khas serta mengeluarkan asap knalpot. Namun, RX-King yang satu ini menolak takdir karena lebih senyap dan tak berasap. Motor ini diberi nama RX-Ohm, menyesuaikan identitasnya sebagai motor listrik.

Motor RX-King bertenaga listrik yang dipajang di GIIAS ini merupakan motor milik Setrum.com. Farman Fab dari Setrum.com menyebutkan, motor ini awalnya dimiliki oleh pria asal Belanda bernama Michael. Awalnya dia menyukai bentuk RX-King, tapi tidak suka dengan suara bisingnya.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

"Terus waktu dia bikin sekitar awal 2020. Dia terhambatnya karena awal pandemi. Dia pengin bentuknya seperti aslinya, makanya yang kita lihat begini. Dia pengin punya tapi karena waktu itu orang sudah aware sama motor listrik, terus udah ada komunitasnya, KOSMIK (Komunitas Sepeda/Motor Listrik), dia kenal sama beberapa orang, dan bisa," kata Farman saat berbincang dengan detikcom di arena GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang.

Mesin asli motor Yamaha RX-King ini ditanggalkan. Sebagai gantinya, baterai dan kontroler mengisi kekosongan bagian yang ditinggalkan mesin dua tak RX-King. Motor listriknya berada di hub roda belakang.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik. Bagian mesin diganti baterai dan kontroler. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Lalu, habis biaya berapa untuk modifikasi RX-King jadi motor listrik? Farman sendiri tidak mengetahui secara pasti, tapi dia mengira biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 25-30 juta untuk modifikasi RX-King jadi motor listrik.

"Karena dia pakai barang-barangnya yang bagus, ini kontrolernya Kelly, Kelly tipe ini bisa 300 ampere full-nya. Ini sekarang dibuka cuma 100 ampere, jadi hanya 1/3 dari potensi tenaga. Karena baterainya juga kecil, jadi jarak tempuhnya juga nggak jauh, paling jauh 60 km," kata Farman.

Berikut spesifikasi Yamaha RX-King yang disulap jadi motor listrik:

  • Basis: Yamaha RX-King 1992
  • Motor elektrik: QS Hub drive 3 kW
  • Baterai: 71,4 volt 30 Ah Lifepo4
  • Battery Management System: Dark Horse
  • Controller: Kelly KLS-S 7230
  • Top speed: 100 km/jam (buat jalan santai)
  • Jarak tempuh: 60 km
  • Builder: FZ Ebike.
(rgr/din)