Ducati Luncurkan Multistrada Paling 'Buas', Tak Cuma Jago Touring tapi Siap Racing

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 08:58 WIB
Ducati Multistrada V4 Pikes Peak
Foto: dok. Ducati
Jakarta -

Pabrikan moge yang identik dengan warna merah, Ducati, pada Kamis (28/10/21) kemarin merilis Ducati Multistrada V4 Pikes Peak. Hadir sebagai kasta tertinggi di keluarga motor adventure Ducati, Multistarada V4 Pikes Peak resmi menjadi Multistrada paling 'buas' dan tak hanya jago untuk dibawa touring, tapi siap untuk racing atau diajak balap.

Mendengar nama Pikes Peak, tentu penggemar Ducati tahu bahwa model tertinggi Multistrada ini tidak selalu diluncurkan di tiap tahunnya. Dilansir dari Auto Evolution, Multistrada pertama yang mendapat edisi Pikes Peak adalah Ducati Multistrada 1200S yang meluncur di tahun 2011. Lalu, sebelum Ducati edisi terbaru ini meluncur, Ducati memberikan model Pikes Peak kepada Multistrada 1260S model tahun 2019.

Ducati Multistrada V4 Pikes PeakDucati Multistrada V4 Pikes Peak Foto: dok. Ducati

Terbaru, Ducati menghadirkan edisi Pikes Peak ini ke Multistrada V4. Mengambil basik dari Multistrada V4 S, edisi Pikes Peak ini dirancang dengan semangat menjadikan motor adventure ala Multistrada, menjadi siap dipakai melibas sirkuit.

Ducati memberikan sedikit ubahan pada rancangan posisi duduk Multistrada V4 Pikes Peak, sehingga posisi berkendaranya menjadi lebih pas untuk kebutuhan trek. Selain itu, Multistrada V4 Pikes Peak menggunakan pelek aluminium berukuran 17 inci.

Untuk pertama kalinya, Ducati memberikan sok electronic Smart EC 2.0 Ohlins suspension ke keluarga Multistarada. Sok canggih yang dapat diatur secara elektronik ini, merupakan sok yang diadaptasi dari Panigale V4 S dan Streetfighter V4 S.

"Ini adalah sistem yang sangat canggih yang memungkinkan penyesuaian "berbasis kondisi", sesuai dengan gaya berkendara pengendara. Teknologi yang dipinjam dari motor supersport Ducati ini digabungkan untuk pertama kalinya dengan Riding Mode Race, yang bekerja pada kontrol elektronik untuk mengekspresikan potensi balap motor secara maksimal," tulis Ducati pada laman resminya.

Ducati Multistrada V4 Pikes PeakDucati Multistrada V4 Pikes Peak Foto: dok. Ducati

Ducati Multistrada V4 Pikes Peak juga menggunakan single-sided swingarm yang membuat pelek belakangnya lebih terekspos dan membuat bobotnya lebih ringan. Di atas kertas, Ducati mengklaim bobot kering dari Multistrada V4 Pikes Peak ini hanya 214 kg.

Untuk urusan mesin, seperti namanya, Ducati memberikan mesin V4 dengan sebutan Granturismo ke Multistrada V4 Pikes Peak ini. Mesin ini berkapasitas 1.158 cc dan diklaim mampu menggelontorkan tenaga hingga 170 HP serta torsi 125 Nm. Lalu untuk menunjang aksinya di lintasan sirkuit, Ducati memberikan sejumlah teknologi seperti Race riding mode, wheelie control, quickshifter dan ABS calibration.

Dilansir dari Autoblog, Ducati akan mulai menjual Multistrada V4 Pikes Peak ini pada Februari 2022. Harga Ducati Multistrada V4 Pikes Peak ini dibanderol mulai dari USD 28.995 atau setara dengan Rp 411 jutaan. Namun perlu diketahui, bahwa harga tersebut adalah harga Ducati secara global.

Ducati Indonesia saat ini menjual Multistrada termurah yaitu New V4 di harga Rp 779 juta off the road. Sedangkan untuk yang termahal, alias Multistrada V4 S Sport Livery SW dibanderol Rp 999 juta off the road.



Simak Video "Melihat Unboxing Moge Ducati Multistrada V4S, Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)