Kamis, 08 Okt 2020 08:41 WIB

Bengkel Moge di Rumah, Konsumennya dari Luar Kota sampai Putra Jokowi

Akbar Hari Mukti - detikOto
Buka Bengkel Moge di Rumah, Konsumennya dari Luar Kota sampai putra Jokowi Bengkel moge di rumah. Foto: Akbar Hari Mukti.
Kabupaten Semarang -

Sebuah rumah di Perumahan Pesona 2, Ngimbun, Kelurahan Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang disulap menjadi sebuah bengkel. Motor Harley-Davidson pun diperbaiki di bengkel rumahan itu.

"Bengkel mulai berdiri Februari 2016. Untuk memperbaiki moge, contohnya Harley-Davidson," jelas pemilik bengkel, Muhammad Irfandi Arief, ditemui detikcom di bengkelnya, Rabu (7/10/2020).

Meski terletak di lingkungan perumahan, beberapa motor Harley-Davidson terpampang di garasi bengkel siap diperbaiki. Moge-moge itu menurut Dondi, sapaan karibnya, berasal dari beberapa wilayah di Indonesia.

"Kustomer biasanya dari Jakarta, Jateng-DIY, juga dari Palembang dikirim ke sini untuk diperbaiki," jelasnya.

Meski membuka bengkel rumahan untuk Harley Davidson mulai 2016, Dondi mengaku memiliki pengetahuan tentang Harley-Davidson sejak 2008. Sebab, pada tahun itu ia diterima bekerja sebagai mekanik di Mabua Harley-Davidson di Semarang.

Buka Bengkel Moge di Rumah, Konsumennya dari Luar Kota sampai putra JokowiBuka Bengkel Moge di Rumah, Konsumennya dari Luar Kota sampai putra Jokowi Foto: Akbar Hari Mukti

"Saya sempat training di Singapura mempelajari membuka Harley Davidson. Level terakhir saya di Expert Teknisi sebelum Mabua Harley ditutup," ungkap dia.

Hingga saat ini per bulan ada sekitar 6-10 Harley Davidson yang diperbaiki di bengkelnya. Menurut Dondi ada tantangan membuka bengkel rumahan untuk memperbaiki Harley-Davidson.

"Permintaan pemilik motor biasanya semakin besar. Tapi sebenarnya pemilik moge sama saja dengan pemilik motor lain, yakni bukan tempatnya melainkan personal yang memperbaikinya," ungkap dia.

Dondi mengungkapkan untuk menjaring pemilik Harley Davidson memperbaiki motor di bengkelnya, ia kerap mengikuti touring bersama klub moge di beberapa kota.

"Nanti saya memperkenalkan bengkel saya ke komunitas itu. Kalau sudah touring biasanya ada kiriman beberapa motor untuk diperbaiki," ujarnya.

Ia mengaku untuk memperbaiki satu motor Harley Davidson bisa dikerjakan 2-3 hari, bergantung tingkat kesulitannya.

"Kebanyakan tune up saja, paling susah apabila kerusakan yang harus mengganti spare part," jelas Dondi.

Ia juga menuturkan pernah dua kali memperbaiki moge Royald Enfield milik putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Hal itu terjadi pada tahun 2018 dan 2019.

"Awalnya saya dikontak orang untuk memperbaiki motor Royal Enfield di Solo. Semua fasilitas termasuk penginapan di Solo dan lain-lain disediakan," ujarnya.

"Karena saya penasaran maka saya menanyakan ke orang tersebut, ternyata beliau Gibran," akunya.



Simak Video "Minibus Tabrak Gapura Desa di Karanganyar, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com