Rabu, 07 Okt 2020 16:43 WIB

Canggih! Moge Ducati Punya Radar, Bisa Ngegas dan Ngerem Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ducati Multistrada V4 Ducati Multistrada V4. (Dok. Ducati)
Bologna -

Ducati akan meluncurkan Ducati Multistrada V4 dalam waktu dekat. Motor petualang dari Ducati ini akan mendapatkan beberapa fitur canggih.

Ducati telah memulai produksi Multistrada V4 di pabriknya yang berada di Borgo Panigale, Bologna, Italia. Motor ini akan menjadi motor pertama yang dilengkapi dengan teknologi radar di depan-belakang.

Adopsi sistem radar itu diklaim membuat kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan panjang. Sistem semacam ini sudah banyak diterapkan di kendaraan roda empat.

Radar adalah sistem bantuan canggih yang mampu mendukung dan membuat berkendara lebih nyaman. Radar yang diposisikan di depan mengontrol pengoperasian Adaptive Cruise Control (ACC) yang memungkinkan motor melakukan akselerasi dan pengereman secara otomatis menyesuaikan jarak yang ditentukan rider.

Sistem ACC sudah jamak di mobil-mobil mewah terkini, di mana pengendara tak perlu ngegas atau ngerem karena sistem akan menyesuaikan jarak dengan kendaraan di depan. Ketika kendaraan di depan mengerem, sistem ACC memungkinkan kendaraan ikut ngerem dan ketika jarak dengan kendaraan di depan masih memadai, maka sistem akan ngegas secara otomatis mengikuti batas kecepatan yang ditentukan.

Sementara radar belakang pada Ducati Multistrada V4 berfungsi untuk mendeteksi dan melaporkan keadaan blind spot, yaitu area yang tidak terlihat baik secara langsung oleh pengendara atau melalui kaca spion. Sistem BSD (Blind Spot Detection) juga memberi sinyal jika ada kendaraan mendekat dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Kedua radar yang ditanam di depan dan belakang motor itu memiliki dimensi yang compact, ukurannya seperti action cam dan tertanam di dalam motor. Bobotnya pun ringan, cuma 190 gram.

Selain sistem radar ini, Ducati Multistrada V4 dibekali mesin V4 yang baru, ringan dan compact. Motor ini dirancang untuk diajak bertualang tanpa mengabaikan emosi dan sportivitas. Sayangnya, Ducati belum membocorkan ketangguhan Multistrada V4 terbaru ini. Semua detail terkait mesin ini akan dirilis pada 15 Oktober. Sementara peluncuran Ducati Multistrada V4 akan dilaksanakan pada 4 November.



Simak Video "Pecco Bagnaia Resmi Gabung Ducati Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com