Senin, 21 Sep 2020 11:52 WIB

Sampah Lapisan Kaca Helm Quartararo Bikin Ducati Ngempos, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 11: Jack Miller of Australia and Pramac Racing leads Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 11, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Motor Jack Miller ngempos karena tear off helm Quartararo menutupi filter udara. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pebalap Pramac Ducati, Jack Miller, harus menyudahi balapan MotoGP Emilia Romagna di Misano, Italia, sebelum finis. Pebalap asal Australia itu kembali ke paddock karena motor Ducati tunggangannya tak mengeluarkan tenaga maksimal yang diinginkan.

Jack Miller sempat kompetitif sejak start balapan. Memulai race dari grid kedua, Miller langsung gaspol dan berhasil memimpin balapan sejak start sebelum disalip Vinales. Sayangnya, Miller yang merasa kompetitif harus menyudahi balapan karena kendala pada motornya.

"Tak ada tenaga sejak lap 2," kata Miller kepada krunya saat menyudahi balapan dan kembali ke paddock.

Ternyata, motor Ducati tunggangan Miller 'ngempos' karena lapisan kaca helm milik Fabio Quartararo. Di Instagram Stories, Miller mem-posting lapisan kaca helm milik Quartararo yang menutupi filter udara mesin Ducati Miller.

Sampah Lapisan Kaca Helm Quartararo Bikin Motor Ducati NgemposSampah Lapisan Kaca Helm Quartararo Bikin Motor Ducati Ngempos Foto: Instagram Jack Miller

Ducati Desmosedici GP20 tungganan Miller tertutup lapisan tear off milik Fabio Quartararo. Saat itu, Quartararo berada di depan Miller dan membuang tear off dari kaca helmnya.

"Saya sangat sedih karena saya start dengan baik dan kami bisa mendapatkan balapan yang bagus, kami memiliki semua kondisi yang tepat untuk melakukannya," kata Miller seperti dikutip Speedcafe.

"Sayangnya, itu bukan salah siapa-siapa, itu adalah hari yang sangat sial karena tear off masuk ke airbox."

Lapisan tear off yang menutupi filter udara itu mengganggu asupan udara ke mesin. Sehingga, Miller merasa motornya tak bertenaga sejak lap kedua.

"Saya juga minta maaf untuk tim yang telah bekerja sangat keras dan baik. Kami akan kembali ke Barcelona lebih kuat," tegasnya.

Sekadar diketahui, tear off adalah sebuah lapisan khusus pada visor atau kaca helm untuk melindungi visor tersebut. Biasanya dipakai di balapan sehingga kaca helm tidak tergores akibat benturan dengan objek-objek kecil. Jadi, visibilitas pengendara tetap bersih tanpa terhalang goresan di kaca.

Pebalap MotoGP biasanya menggunakan beberapa lembar lapisan tear off di kaca helmnya. Ketika lapisan tear off tersebut dinilai sudah mengganggu visibilitas karena goresan atau faktor lainnya, pebalap bisa membuang tear off terluar dan masih ada beberapa lembar tear off lainnya yang melindungi kaca helm.



Simak Video "Quartararo Start Terdepan di MotoGP Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com