Jumat, 31 Jan 2020 21:43 WIB

Pertalite Lebih Murah Dibanding Pertamax Campur Premium

Rizki Pratama - detikOto
PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM. Penurunan ini berlaku mulai Minggu 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat. Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa
Jakarta -

Sebagian orang masih mempertimbangkan konsumsi bahan bakar dalam memilih jenis BBM. Bahan bakar yang lebih murah dengan oktan lebih rendah cenderung dipilih karena dapat menghemat pengeluaran.

Seperti diketahui Pertamina menyediakan bahan bakar jenis bensin termurah dengan subsidi melalui Premium dengan harga Rp 6.450 per liternya. Lebih murah daripada Pertalite Rp 7.650 dan Pertamax Rp 9.200.

Lantas bagaimana jika Pertamax dan Premium dicampur? Detikcom melalukan pengujian langsung terhadap campuran Pertamax dan Premium dibandingkan dengan Pertalite menggunakan motor jenis sport naked Honda CB150R.

Dalam hasi uji tersebut, BBM campuran sedikit lebih hemat dengan konsumsi 1/42,5. Sedangkan Pertalite ditenggak oleh motor yang sama dengan konsumsi 1/41,2..
Nah, apakah satu liter Pertalite lebih murah daripada satu liter campuran Pertamax dan Premium? Merunut pada harga bahan bakar saat ini, jika ditinjau dari harganya satu liter Pertalite masih lebih murah, yaitu Rp 7.650.

Untuk campuran. Setengah liter dari Pertamax adalah Rp 4.600 dan harga setengah liter dari Premium adalah Rp 3.225. Jika ditotal jadinya satu liter bensin campuran Pertamax dan Premium menjadi Rp 7.825.

Dapat disimpulkan memang bensin campuran berdasarkan pengujian langsung ini menghasilkan efisiensi yang lebih baik untuk bensin campuran. Namun untuk di kantong ada perbedaan harga Rp 175. Belum lagi mengisi dua bahan bakar berbeda ini akan lebih merepotkan daripada mengisi dengan satu jenis bahan bakar saja.



Simak Video "Asik! Harga Pertamax Turun Lagi, Ini Daftarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com