Rabu, 02 Okt 2019 13:08 WIB

Buruh Ikut Demo, Jadwal Produksi Pabrik Motor Bisa Kacau

Luthfi Anshori - detikOto
Demo Buruh di DPR. Foto: Agung Pambudhy Demo Buruh di DPR. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Puluhan ribu buruh dari 10 Provinsi menggelar aksi serentak di beberapa kota hari ini, Rabu (2/10/2019). Salah satu aksi besarnya, bakal dilaksanakan di Jakarta. Aksi akan dipusatkan di sekitar Gedung DPR, Senayan.

Aksi buruh ini pun akan berpengaruh pada perusahaan-perusahaan yang buruhnya ikut melakukan demonstrasi. Dikatakan Dept Head of Sales & Marketing 2W SIS Yohan Yahya, aksi buruh akan mengganggu proses produksi barang.



"Tentunya kalau (ada demo-Red) itu mau tidak mau akan mempengaruhi (pabrik-Red). Karena kan kita sudah punya schedule juga bahwa dalam satu bulan, satu hari, ada target produksi dan segala macam," kata Yohan, kepada detikcom, Rabu (2/10/2019).

"Nah, begitu terjadi pengurangan waktu produksi (karena buruh ikut demo-Red), otomatis akan berubah semua rencana (produksi-Red) dan lain-lain," terangnya lagi.



Menurut Yohan, sejauh ini belum ada laporan apakah serikat buruh yang ada di pabrik Suzuki juga ikut melakukan demo di Senayan.

"Untuk persisnya saya belum tahu, kemudian plant kita kan ada di Tambun dan Cikarang. Tapi saya pastikan kalau yang di sini (kantor marketing-Red) ada semua," terang Yohan.

Sekadar infomasi, dalam aksi buruh yang dilakukan hari ini, akan ada 3 hal yang dituntut kaum buruh, yakni menolak revisi Undang-undang Ketenagakerjaan, revisi PP Nomor 78 tentang Pengupahan, dan menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Buruh Ikut Demo, Jadwal Produksi Pabrik Motor Bisa Kacau


Simak Video "Tak Kunjung Ketemu Anies, Buruh Dobrak Pagar dan Bawa Keranda Mayat "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com