Senin, 19 Nov 2018 21:06 WIB

Di Eropa Motor 125cc Sudah Pakai ABS, Jangan Samakan dengan Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Rem ABS Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Seperti detikOto beritakan sebelumnya, pemerintah mewacanakan motor-motor yang dijual di Tanah Air harus memiliki fitur ABS (Anti-lock Braking System). Artinya, motor kecil di bawah 150 cc pun ke depannya wajib pakai fitur ini.

Di negara-negara Uni Eropa, rem ABS sudah menjadi kewajiban bagi motor mulai kelas 125 cc, hingga motor berkapasitas di atasnya. Kebijakan ini diterapkan mulai Januari 2017 lalu, sehubungan dengan berlakunya juga regulasi Euro4.



Nah, jika di negara-negara Uni Eropa saja fitur rem ABS sudah diwajibkan ada pada motor kecil, bukankah Indonesia juga sudah saatnya menerapkan kebijakan pemakaian ABS di setiap kelas motor?

Menurut instruktur safety riding dari JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting) Jusri Pulubuhu, hal itu tidak selalu bisa jadi alasan. Penyebabnya karena negara-negara Eropa punya karakter yang berbeda dengan Indonesia.

"Di negara-negara Eropa banyak motor kecil 125 cc menggunakan rem ABS. Itu tidak bisa dijadikan bahan perbandingan di Indonesia. Sebab di Eropa karakternya berbeda," kata Jusri melalui sambungan telepon kepada detikOto, Senin (19/11/2018).



Di negara-negara Eropa, menurut Jusri, motor bisa sering digeber sampai limitnya, karena kondisi sebagian besar jalanan di sana mendukung untuk hal itu. Jadi ABS dibutuhkan ketika mengerem dari kecepatan tinggi.

"Di Eropa, motor 125 cc bisa dieksploitasi tenaganya di jalan raya karena secara infrastruktur di sana sudah bagus dan mendukung," jelas Jusri.

Sekadar informasi, ABS merupakan fitur yang mencegah roda mengunci saat motor direm secara keras, istilahnya hard braking atau panic braking.

Fitur tersebut sangat berguna ketika pemotor mengerem di kondisi jalan licin atau ketika harus melakukan pengereman keras ketika di depan ada kendaraan yang mengerem mendadak.

[Gambas:Video 20detik]

(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com