Selasa, 21 Agu 2018 17:28 WIB

Mau Bergaya Stoppie seperti Jokowi? Harus Latihan Dulu!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jokowi naik moge. Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan Jokowi naik moge. Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) digambarkan melakukan aksi memukau pakai motor gede (moge) dalam video pembukaan Asian Games 2018. Aksi itu dilakukan oleh stunt rider asal Thailand.

Aksi ini tentunya dilakukan oleh profesional. Otolovers jangan pernah meniru aksi berbahaya ini kalau belum berlatih.

Stunt rider profesional Indonesia, Reza SS, mengatakan yang paling riskan dari adegan Jokowi naik moge adalah saat melakukan teknik stoppie. Saat itu, ceritanya Jokowi masuk gang kecil untuk menuju GBK demi menghadiri pembukaan Asian Games tepat waktu. Digambarkan, Jokowi harus mengerem keras ketika bertemu dengan bajaj di depannya. Alhasil, ban belakang sampai terangkat atau biasa dikenal dengan teknik stoppie.



"Stoppie itu riskan. Karena kalau jatuh itu langsung ketiban motor. Dan itu feeling-nya harus dipakai banget, tahu cara angkatnya, tahu speed-nya berapa," kata Reza saat dihubungi detikOto.

"Saya aja yang sudah profesional gini kemarin di Vietnam sempat jatuh. Karena terlalu excited sama penontonnya, adrenalin saya ke bawa, saya pengin pol show-nya. Eh nggak lihat itu motornya kurang mumpuni, jadinya jatuh," tambahnya.



Untuk pemula, dalam melakukan stoppie tentu harus berlatih dengan serius. Dan aksi ini harusnya dilakukan di lingkungan tertutup.

"Sarannya jangan di tempat sembarangan, kalau bisa di tempat yang ksoong, lapangan gitu. Terus minimal nanya deh caranya, terus browsing-browsing. Kalau bisa sih didampingin, minimal didampingin sama yang sudah bisa, nggak perlu yang profesional. Terus harus pakai pengaman, protektor dengkul, protektor kaki, punggung, sarung tangan, helm harus full face, karena yang open face itu riskan kalau stoppie, jatuh bisa kena muka. Motor juga harus diperiksa," kata Reza. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed