Selasa, 21 Agu 2018 11:53 WIB

Curhat Freestyler Lokal, Kenapa Stunt Rider Jokowi dari Thailand?

Rangga Rahadiansyah, Rangga Rahadiansyah - detikOto
Suddom So stuntman Jokowi. Foto: Saddum So / instagram@saddumso Suddom So stuntman Jokowi. Foto: Saddum So / instagram@saddumso
Suddom So stuntman Jokowi. Foto: Saddum So / instagram@saddumso Suddom So stuntman Jokowi. Foto: Saddum So / instagram@saddumso
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memukau dunia dengan aksinya naik motor gede (moge) di pembukaan Asian Games 2018. Jokowi digambarkan naik moge dengan aksi yang ekstrem mulai dari burn-out, terbang melompati mobil, hingga teknik stoppie.

Tapi, tentunya aksi itu tidak dilakukan Jokowi seorang diri. Ada pemeran penggantinya saat aksi itu dilakukan untuk proses pengambilan gambar. Diketahui, pemeran pengganti Jokowi adalah Saddum So, freestyler yang 'diimpor' dari Thailand.



Reza SS, seorang stunt rider profesional asli Indonesia menanggapi bahwa video pembukaan Asian Games itu memang keren dan kreatif. Menurutnya, aksi stunt rider Thailand itu juga cukup baik dilakukan.

"Tapi anak Indonesia nggak kalah sih sebenarnya," ungkap Reza saat dihubungi detikOto.

Reza SS melakukan aksi freestyle dengan menggunakan moge Ducati. Reza SS melakukan aksi freestyle dengan menggunakan moge Ducati Scrambler. Foto: Rangga Rahadiansyah


Ya, freestyler asli dari Indonesia sebenarnya sudah banyak. Sayangnya, freestyler Indonesia tidak dilibatkan untuk menjadi peran pengganti Jokowi di video pembukaan Asian Games 2018.



"Kalau menurut saya sih mungkin lebih ke kerahasiaan. Mungkin kalau pakai orang Indonesia cepat bocornya. Sebenarnya bisa komitmen juga sih untuk rahasia. Atau juga mungkin PH (production house)-nya nggak tahu, padahal di sini banyak (stunt rider yang nggak kalah dengan freestyler Thailand)," kata Reza.

Memang, kata Reza, stunt rider Indonesia belum ada yang bermain di layar lebar. Tapi, aksinya benar-benar tidak kalah kok. Stunt rider Indonesia juga sering diajak bermain di iklan-iklan.

"Akhirnya mereka (anak-anak stunt rider Indonesia) pada bilang, 'Ini gue juga bisa kok'. Intinya sih kayaknya anak-anak Indonesia yang aku tanggap mereka pengin diakuin. Bahwa kita juga ada kok. Mungkin dari teman-teman sedikit nanya, 'Kenapa nggak gue sih'. Mungkin lebih keren (kalau pakai stunt rider Indonesia). Dan orang-orang Indonesia mungkin lebih bangga. Siapa sih yang nggak mau dekat sama presiden, apalagi jadi stunt ridernya presiden," ujar Reza.

Apakah Reza sendiri kecewa karena bukan stunt rider Indonesia yang dipilih untuk menggantikan peran Jokowi di video pembukaan Asian Games? "Ya pasti semua orang ya. Kecuali di Indonesia itu nggak ada, itu mungkin nggak ada perdebatan," ucapnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com