Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 23 Agustus 2017, 09:38 WIB

Ada Motor Listrik Lokal, Bagaimana Dengan Produsen Lain?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ada Motor Listrik Lokal, Bagaimana Dengan Produsen Lain? Ilustrasi motor listrik Honda EV Neo (Foto: Grandyos Zafna)
Tangerang - Hingga saat ini para produsen besar kendaraan roda dua di Indonesia belum menjual kendaraan listriknya. Di sisi lain, pemerintah sudah menyegerakan para pelaku otomotif di Indonesia baik motor maupun mobil untuk segera beralih ke kendaraan listrik.

Lantas bagaimana pemerintah mendorong para produsen roda dua memproduksi motor listriknya? Mengingat populasi motor di Indonesia yang tinggi dan sudah ada produk kendaraan listrik dalam negeri.

"Dia itu akan di-drive oleh market, pemerintah hanya buat regulasi, aturan main," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, kepada wartawan, di ICE, BSD, Tangerang.

Regulasi yang dimaksud Putu adalah yang bisa merangsang para produsen kenamaan tersebut segera memproduksi motor listriknya di Indonesia.

"Seperti sekarang aturan main untuk motor listrik kita jangan berikan insentif untuk komponen impor lagi, orang sebagian besar sudah dibuat di sini komponennya," tuturnya.

Ditambah volume motor yang cukup besar di Indonesia, lanjut Putu, seharusnya sudah cukup membuat para produsen besar membuat motor listriknya di Indonesia.

"Dan baterai untuk sepeda motor di sini, setiap tahun ada 5 sampai 6 juta motor, voulmenya sudah besar," tutupnya. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed