Modifikasi Hedon Vespa Atta Halilintar, Rogoh Kocek Rp 75 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 13:23 WIB
Modifikasi Vespa Atta Halilintar
Modifikasi Vespa Atta Halilintar. Foto: Dok. Scooter VIP
Jakarta -

Setelah menggarap modifikasi Vespa sejumlah artis kenamaan seperti Andre Taulany, Gading Marten, dan Awkarin, kini workshop Scooter VIP menggarap modifikasi Vespa GTS Youtuber Atta Hallilintar. Vespa Atta diubah menjadi bergaya racing, namun tetap nyaman untuk harian. Yang mengejutkan, biaya untuk memodifikasi skuter tersebut mencapai Rp 75 juta.

Disebutkan Scooter VIP, Vespa ini dibeli secara kredit oleh Atta sebelum berkarier menjadi Youtuber. Dennil Sagita, founder dari Scooter VIP menjelaskan modifikasi ini diubah dengan konsep garang dan racing, namun tetap bisa nyaman dikendarai berdua dengan sang istri yaitu Aurel Hermansyah.

"Maka kami konsepkan dan diubah menjadi warna cat doff hitam yang sebelumnya berlapiskan decal. Pengerjaan pengerokan terlebih dahulu di Pendopo Vespa. Sesuai permintaan pemilik, ada beberapa bagian bodi pakai karbon kevlar. Untuk performa, kami sebagai distributor resmi Polini di Indonesia tentu mengganti suku cadang aftermarket skuter ini dengan merek Polini asal Italia," kata Dennil dalam keterangan resminya, Rabu (10/11/2021).

Modifikasi Vespa Atta HalilintarModifikasi Vespa Atta Halilintar Foto: Dok. Scooter VIP

Di tahapan performa modifikasi dimulai dari sektor akselerasi yaitu CVT. Seluruh CVT di-upgrade, mulai variator dengan flywheel dari Polini dengan berat roller 12 gram, Polini kevlar belt, Polini kanvas kopling tipe evolution, mangkok kopling keramik Polini tipe evolution dengan sirip pendingin di tepinya, lalu filter udara Polini, filter oli Polini, per torsi Polini, dan knalpot Polini 3G.

"Di bagian pengapian kami upgrade dengan ignition amplifier merek Scootech, dan khusus pada bagian pengereman ada modifikasi di bagian disk dengan Polini tipe fixed di roda depan dan roda belakang, kanvas rem kami upgrade dengan Polini non asbes, brake lever racing hitam Zelioni dan selang rem depan kami ganti dengan yang braided berwarna hijau, belakang berwarna biru keduanya merek Allegri asal Italia dari Digioto," sambung Dennil.

Kemudian di bagian eksterior, Scooter VIP memilih aksesori produk dalam negeri karya anak bangsa, seperti speedometer custom indiglow merk Scootech, dengan mengikuti tema racingnya dan untuk mengikuti tema serba hitam semua panel sudah LED agar dapat mengeluarkan cahaya pada saat malam hari atau keadaan hujan. Lampu depan pun diganti ke LED supaya memudahkan pada saat jalanan gelap berkabut.

Modifikasi Vespa Atta HalilintarModifikasi Vespa Atta Halilintar Foto: Dok. Scooter VIP

"Tutup bak cover CVT kami ganti yang versi i-Get dari Boss Vespa berwarna hitam, serta tutup intake merek Zelioni, tutup baut CVT dari NC Project, tutup kipas spinner NC Project berwarna emas pada sisi kanan dengan kipas, lalu pada sektor roda depan dan belakang kami upgrade velg CNC Anodize warna emas beserta tutupnya merek NC Project keluaran terbaru dan terbatas dari Boss Vespa agar terkesan mewah nan berkelas, sementara suspensi depan kami pilih Zelioni dengan tabung reservoir adjustable warna hitam dan tutup fork warna hitam dof dari NC Project," jelas Dennil.

"Ada beberapa tambahan aksesoris seperti spion bar-end NC Project, rear rack Zelioni, key cover Zelioni, Bar-end stabilizer Zelioni, foot step Zelioni. Untuk di bagian kisi-kisi cover radiator dari Optymistic yang ternyata serasi dengan aksesori sebelumnya. Terakhir, supaya tetap racing tapi nyaman dan dapat dikendarai berdua sang istri, Aurel Hermansyah, joknya kami ganti dengan jok Edcha Scooter Shop. Setelah semua selesai, Vespa tersebut kami servis besar, seperti ganti oli mesin dan gardan dengan Motul serta penyempurnaan setingan yang cocok untuk pengunaan dalam kota," tukas Dennil.

Menurut Scooter VIP, jika ditotal modifikasi ini bernilai hampir Rp 75 juta, dengan proses waktu pengerjaan sekitar 1 bulan lebih. "Untuk jelasnya silahkan saksikan di kanal Youtube channel Scooter VIP dan juga Atta Halilintar, semoga dapat menginspirasi modifikasi bagi para pemakai vespa matik di tanah air".

Modifikasi Vespa Atta HalilintarModifikasi Vespa Atta Halilintar Foto: Dok. Scooter VIP

Simak juga 'Atta Halilintar dan Aurel Maafkan YouTuber Savas Fresh':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/lth)