Jumat, 11 Sep 2020 13:38 WIB

Tak Boleh Beredar di Jalan, Hatchback Tua Suzuki Ini Diubah Jadi Tempat Tidur

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil hatchback Suzuki dimodifikasi jadi tempat tidur Mobil hatchback Suzuki dimodifikasi jadi tempat tidur. Foto: Rushlane
Jakarta -

Masih sayang sama mobil tunggangan, namun tidak tega jika dibesituakan? Mungkin ide ini bisa menjadi salah satu solusinya. Sebuah mobil hatchback tua Suzuki di India dimodifikasi menjadi tempat tidur. Ide tersebut muncul ketika mobil berlabel Maruti Zen itu sudah tidak boleh lagi beredar di jalan raya, lantaran usianya lebih dari 20 tahun.

Seperti dikutip dari laman Rushlane, dua bersaudara Raghav dan Rohan sudah terlanjur menyukai mobil hatchback 5 pintu tersebut. Maka, ketika regulasi pemerintah setempat mengharamkan mobil tua itu melintas di jalanan, dua bersaudara itu memutuskan mengubahnya menjadi tempat tidur.

Sedikit cerita, Maruti Zen keluaran 1998 itu awalnya dibeli oleh Raghav dan timnya ketika mengerjakan proyek di lokasi terpencil di Haryana. Maruti Zen merupakan mobil Suzuki yang diproduksi khusus untuk pasar India (1993-2006). Mesinnya berkapasitas 993 cc, dengan power maksimum 60,9 PS dan torsi puncak 78,48 Nm.

Mobil hatchback Suzuki dimodifikasi jadi tempat tidurMobil hatchback Suzuki dimodifikasi jadi tempat tidur Foto: Rushlane


Tanpa disangka, mobil mungil itu ternyata sangat bisa diandalkan oleh Raghav dalam membantu pekerjaannya. Mobil ini pun mampu menempuh odometer hingga 57.000 kilometer tanpa masalah besar.

Ketika proyek selesai pada pertengahan 2019, mobil tersebut dibawa ke New Delhi. Mobil itu masih dalam kondisi layak dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kendati demikian, mobil tua ini perlahan-lahan mengalami masalah di bagian kemudi dan sistem pengereman. Maruti Zen itu pun dibiarkan mangkrak berbulan-bulan.

Pada suatu hari adik laki-laki Raghav, Rohan, muncul dengan ide untuk melepas mesin mobil dan menggunakannya sebagai generator pembangkit listrik. Namun setelah mesin, sistem transmisi, dan tangki bahan bakar terlanjur dicopot, proyek generator tersebut ditunda karena pandemi COVID-19.

Raghav yang melihat mobil tuanya teronggok tanpa mesin, akhirnya memiliki ide untuk mengubahnya menjadi tempat tidur. Ide itu pun disambut positif oleh Rohan dan ia memutuskan mengerjakan modifikasi itu.

Ada sejumlah ubahan yang dilakukan pada Maruti Zen untuk membuatnya jadi tempat tidur yang layak digunakan. Antara lain memperbaiki bagian sasis yang berkarat, mencopot kaca depan, atap, kursi depan, dan belakang. Kemudian memasang kembali pintu, kap mesin, bumper, termasuk lampu depan.

Setelah itu, memasang rangka tempat tidur, kayu pelapis, dan menutup tepian kasur yang tajam dengan pipa PVC. Langkah terakhir adalah menempatkan sebuah kasur di atasnya.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com