Selasa, 08 Sep 2020 20:15 WIB

Nissan Akan Luncurkan Mobil Baru Bergaya Retro

Rizki Pratama - detikOto
Nissan Z akan bergaya retro. Nissan Z proto siap bergaya retro. Foto: Nissan
Jakarta -

Di dunia roda dua, gaya klasik retro tak hanya menjadi bagian modifikasi saja. Beberapa pabrikan bahkan menawarkan produk baru dengan nuansa tersebut, bahkan ada yang fokus menawarkan produk-produknya dengan gaya jadul.

Roda empat pun tampaknya akan mengarah ke tren itu juga. Setidaknya hal tersebut coba dilakukan Nissan jika melihat pada teaser generasi model Z anyarnya.

Rencananya mobil Z akan diperkenalkan secara perdana ke publik pada 16 September 2020. Video tersebut menampilkan cuplikan-cuplikan sebagian tampilan eksterior yang kental dengan aroma klasik.

Logo Z yang ada di pilar pun juga mengingatkan para penggemar Nissan pada Nissan Z masa lalu. Terlihat lampu depan bundar yang mirip dengan Nissan Fairlady Z atau Datsun 240Z. Sementara itu lampu belakang sepertinya terinspirasi oleh 300ZX.

Ada juga sedikit bocoran mengenai bagian kabin yang memperlihatkan tuas perseneling mobil bertransmisi manual. Jahitan kuning terlihat di konsol tengah, tetapi gearbox do-it-yourself tetap menjadi daya tarik utama dalam video singkat ini.

Di luar itu semua, informasi spesifikasi teknis masih menjadi misteri. Nissan mengatakan bahwa mobil Z baru ini menggabungkan tema retro dengan teknologi modern dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Meski belum ada keterangan resmi seberapa tangguh mobil ini akan berlari, dipercaya Nissan Z Proto akan menggendong mesin V6 Twin-Turbo 3.0 liter, yang telah dimiliki sebelumnya oleh Infiniti Q50 dan Q60, dengan pilihan 6 percepatan manual dan transmisi otomatis 9 percepatan.

Kemungkinan peluncuran resmi akan menggunakan nama prototipe mengingat penggunaan Proto dalam namanya. Cara sama juga dilakukan Nissan pada tahun 2005 dengan GT-R Proto, yang terlihat hampir sama dengan R35 siap produksi ketika diluncurkan beberapa tahun setelahnya.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com