Kamis, 03 Sep 2020 15:20 WIB

Ketika Motor 400 cc 'Disulap' Menjadi Batmobile

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi motor menjadi Batmobile Modifikasi sepeda motor menjadi Batmobile di Vietnam. Foto: News Zing
Hanoi -

Seorang mahasiswa arsitektur di Hanoi, Vietnam menghabiskan uang sekitar Rp 316 juta untuk membuat Batmobile. Ia membangun mobil superhero DC Comics tersebut dari sebuah sepeda motor 400 cc.

Dikutip dari News Zing, otak dibalik modifikasi Batmobile itu adalah Nguyen Dac Chung, seorang mahasiswi arsitektur di Hanoi. Pelajar kelahiran 1998 itu sudah lama memendam hasrat memiliki Batmobile-nya sendiri.

Kendati modifikasinya belum sempurna, hasil garapannya sudah cukup keren dan mendekati standar sebuah replika kendaraan karakter.

Modifikasi motor menjadi BatmobileModifikasi motor menjadi Batmobile Foto: News Zing

Chung mengatakan jika Batmobile garapannya baru selesai 90% dan sudah menghabiskan biaya sekitar 500 juta VND (Rp 316,4 juta), dengan estimasi waktu pengerjaan 10 bulan.

Mahasiswi yang juga memproduksi cosplay (costume player) itu cukup total dalam menggarap Batmobile versinya sendiri. Ia bahkan langsung mengimpor komponen ban dari AS dan Korea. Total bannya ada 6, dua buah di depan, dan empat buah di belakang dengan ukuran lebih besar.

Untuk sistem peredaman, ia menggunakan 4 suspensi di depan dan 2 suspensi di belakang. Ia juga menggunakan sistem pneumatik untuk menaik-turunkan spoiler belakang.

Modifikasi motor menjadi BatmobileModifikasi motor menjadi Batmobile Foto: News Zing

Agar mendapat kesan dramatis, knalpot dibuat seolah kekar dengan penyematan cover cukup besar. Padahal knalpot aslinya lebih kecil dan tersembunyi agak ke dalam.

Dari segi penggerak, Batmobile ini menggunakan spek mesin 4 silinder berkapasitas 400 cc dari sebuah sepeda motor. Supaya bisa beroperasi seperti mobil, dilakukan penyesuaian pada girboks yang dilengkapi gigi mundur.

Untuk menyempurnakan Batmobile garapannya, Chung masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan, seperti pemasangan interior, finishing cangkang luar, dan juga sistem pencahayaan.

Modifikasi motor menjadi BatmobileModifikasi motor menjadi Batmobile Foto: News Zing


Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com