UMP DKI 2023 Jadi Rp 4,9 Juta, Cukup Enggak Buat Cicil Mobil?

ADVERTISEMENT

UMP DKI 2023 Jadi Rp 4,9 Juta, Cukup Enggak Buat Cicil Mobil?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 07:07 WIB
Car dealer sales/rent car to the customer
Ilustrasi kredit mobil Foto: Getty Images/iStockphoto/praetorianphoto
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta masih melakukan finalisasi mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2023, UMP ditetapkan naik 5,6 persen sehingga menjadi Rp 4.900.798 atau Rp 4,9 juta. Kira-kira dengan gaji segitu, masih bisa untuk kredit roda empat?

Financial Planner sekaligus CEO dan Founder OneShildt Financial Independence, Budi Raharjo, mengatakan, meski UMP naik namun untuk kredit mobil sebaiknya bisa mengukur kemampuan diri.

"Kalau penghasilan UMP, mau punya kendaraan, pastikan kalau membeli kendaraan secara kredit jangan sampai itu mengganggu kemampuan menabung, dan juga kemampuan untuk punya proteksinya. Kalau masih mengganggu, lebih baik membeli asetnya dengan cara menabung dulu, baru beli aset, daripada alih-alih memaksakan untuk kredit," kata Budi saat dihubungi detikcom, Senin (28/11/2022).

Jika hal itu dipaksakan, menurut Budi, bisa mengancam kestabilan keuangan rumah tangga. Terlebih jika sumber penghasilan utama hanya dari salah satu pasangan suami atau istri saja.

"Tapi tidak semata-mata dilihat dari itu saja, kalau kita membeli kendaraan, pertama kita pertimbangkan cashflow juga, apakah dengan cashflow yang sekarang Rp 4,9 juta itu sudah memenuhi kebutuhan apa saja," jelas dia.

"Jadi misalnya dari Rp 4,9 juta itu menabung 10 persen, 90 persennya untuk keperluan hidup. Berarti 10 persen ini yang biasanya ditabung, kalau biasanya mengambil kendaraan dikredit berarti akan berkurang kemampuannya 10 persen ini, bahkan bisa jadi habis. Nah kalau sampai habis, bahkan sampai memaksakan diri pengeluaran lainnya sampai diturunkan, nah ini berarti kondisi keuangannya tidak memungkinkan untuk mengambil cicilan, terlalu memaksakan," tambah Budi.

Jika masih sendiri belum memiliki tanggungan, gaji Rp 4,9 juta bisa saja mencicil kendaraan. Apalagi jika tabungan sudah mencukupi untuk dipakai Down Payment (DP).

"Jangan memaksakan diri, kalau punya tabungan dihabiskan untuk DP, jadi nggak punya buffer, nggak punya cadangan, jaring pengaman kalau tiba-tiba nanti kehilangan pekerjaan atau yang lain," jelas Budi.

"Dia masih single, atau masih tinggal sama orang tua. Dia tidak ada biaya tempat tinggal. Pengeluaran dia secara bulanan karena tinggal bersama, ternyata masih bisa saving 50 persen dari income-nya dia, kalau dia ambil cicilan dia tidak terganggu, 30 persen dari income dia, dan jangan panjang-panjang juga. Berarti dia tidak kehilangan potensi menabungnya dia, menabung lagi 20 persen dari income-nya dia. Itu tidak apa-apa," tambah dia.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho, idealnya angka cicilan kredit adalah 30 persen dari total penghasilan bersih per bulan. Tapi perlu diingat demi kestabilan keuangan maka calon konsumen juga harus mempertimbangkan besarnya pengeluaran.

"Untuk menghitung berapa idealnya kredit barang seperti kendaraan bermotor dengan patokan penghasilan kita maka kita bisa menghitung maksimal sebesar 30 persen deri penghasilan kita," kata Andy kepada detikcom, Senin (28/11/2022).

"Angka tersebut sendiri sama seperti besaran maksimal cicilan kredit yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Maka bila gaji kita adalah Rp 4,9 juta dikali 30 persen, sama dengan Rp 1.470.000," jelas Andy.

UMP Gaji DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta masih melakukan finalisasi mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2023. UMP DKI ditetapkan naik 5,6 persen sehingga menjadi Rp 4.900.798.

"Saat ini kami sedang melakukan finalisasi terkait penetapan UMP 2023. Mudah-mudahan nggak ada perubahan terkait penetapan UMP di sebesar sesuai usulan yang disampaikan pada saat rapat sidang dewan pengupahan 22 November 2022 mengusulkan sebesar 5,6% sesuai Permenaker No 18 Tahun 2022 menggunakan Alfa 0,2," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Andriansyah di Balai Kota Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Jadi UMP Pemprov DKI 2023 sebesar Rp 4.900.798," lanjutnya.



Simak Video "Besaran UMP DKI 2023 Ditetapkan Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT