Harga Mepet, Duel Innova Zenix Hybrid Vs Almaz Hybrid Siapa yang Menang?

ADVERTISEMENT

Harga Mepet, Duel Innova Zenix Hybrid Vs Almaz Hybrid Siapa yang Menang?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 06:09 WIB
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor atau TAM telah resmi meluncurkan Toyota Innova Zenix Hybrid di Indonesia, Senin (21/11/2022) kemarin. Kendaraan keluarga itu disebut-sebut akan bersaing ketat dengan Wuling Almaz Hybrid yang meluncur lebih dulu. Apalagi, secara harga, keduanya bisa dibilang hampir sama.

Toyota Innova Zenix Hybrid dijual mulai Rp 458 juta, sementara Wuling Almaz Hybrid hanya tersedia satu varian dengan harga Rp 470 juta. Keduanya sama-sama berstatus on the road Jakarta.

Menurut penelusuran detikOto, baik Innova Zenix Hybrid dan Almaz Hybrid memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Nah, buat detikers yang punya dana Rp 450-500 jutaan dan bingung memilih satu dari kedua mobil tersebut, yuk kita cara tahu spesifikasi lengkapnya!

Spesifikasi Innova Zenix Hybrid Vs Almaz Hybrid

Desain

Innova Zenix Hybrid punya tampilan unik yang lebih berani. Di bagian wajah, kendaraan tersebut menggunakan gril tegas dengan ukuran cukup lebar. Sementara lampunya dibuat bergelombang di bagian bawah dan alis yang meruncing tajam.

Kemudian di bagian tengah hingga ke belakang, pabrikan menghadirkan banyak lekukan yang membuatnya lebih sporty. Bukan hanya itu, lampu belakangnya juga terlihat modern berkat desain dan kombinasi aksen baru.

Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Tambahan nama Zenix membuat mobil ini berubah total. Lalu, seperti apa test drivenya?Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Pradita Utama

Di lain sisi, Almaz Hybrid terlihat lebih kalem dan 'family look'. Desain kendaraan tersebut tak terlalu tajam seperti Innova Zenix. Bahkan, tampilannya nyaris tak berbeda dibandingkan versi regularnya.

Perbedaan paling kontras yang terlihat di Almaz Hybrid tertelak pada aksen biru yang tersemat di sejumlah titik. Aksen itu berfungsi untuk menonjolkan kesan elektrifikasi di kendaraan tersebut.

Wuling Almaz HybridWuling Almaz Hybrid Foto: Dok. Wuling Motors

Selain itu, Almaz Hybrid juga menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain unik, yakni segaris dengan alis yang sejajar dengan kap mesin. Desain tersebut membuat kendaraan terlihat garang dan sangar.

Fitur

Innova Zenix Hybrid yang menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA) GA-C tersebut hadir dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan. Misalnya layar MID 7 inchi dengan setir mewah, konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, voice recognition, NFC, dan layar tambahan di baris kedua untuk varian tertinggi.

Selain itu ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry. Untuk tipe Q HV terdapat wireless charger serta 4 USB C slot dan Digital Auto AC dengan Dual Zone.

Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Tambahan nama Zenix membuat mobil ini berubah total. Lalu, seperti apa test drivenya?Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Tambahan nama Zenix membuat mobil ini berubah total. Foto: Pradita Utama

Sementara untuk varian tertinggi, yakni Q HV terdapat captain seat, jok ottoman electric recline, power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi, Panoramic View Monitor, dan DVR yang bertindak sebagai kamera dasbor.

Beralih ke Almaz Hybrid, kendaraan China tersebut juga telah ditanamkan berbagai fitur unggulan, seperti Wuling Remote Control App dengan teknologi Internet of Vehicle (IoV) yang membuat pengguna bisa terkoneksi penuh dengan mobil melalui aplikasi MyWuling+.

Tak hanya itu, Almaz Hybrid yang juga sudah menggunakan panoramic sunroof itu didukung fitur perintah suara atau voice command berbahasa Indonesia dengan nama WIND. Berkat teknologi tersebut, pengemudi bisa mengoperasikan beragam fitur hanya dengan mengucapkan 'Halo Wuling'.

Wuling Almaz HybridWuling Almaz Hybrid Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Almaz Hybrid dilengkapi juga dengan Advanced Driver Smart System (ADAS) untuk memberikan kemudahan dan rasa aman selama berkendara. Teknologi ini terdiri dari 4 kategori fungsi, yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light.

Selain itu, terdapat fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control (HHC), SRS Airbag depan dan samping, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), sensor parkir, dan anti-theft alarm.

Performa

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungannya mencapai 186 PS atau 183 dk.

Sementara transmisinya CVT berkode K120 dengan empat mode berkendara, yakni Eco, Normal, Power dan EV.

Mesin Toyota Kijang Innova Zenix kok masih impor?Mesin Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Di sisi lain, Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin 2.000cc, naturally aspirated, 4 silinder segaris, atkinson cycle dengan motor listrik berlabel Permanent Magnet Synchronous Motor. Pembekalan tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 174 dk dan torsi puncak 320 Nm.

Mesin Almaz Hybrid menggunakan sistem transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dengan tiga mode berkendara, yakni EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel

Harga

Innova Zenix Hybrid hadir melalui beragam varian dan harga, sementara Almaz Hybrid hanya tersedia satu pilihan tipe. Berikut detikOto rangkum daftar harga lengkapnya.

Innova Zenix Hybrid

  • 2.0 G HV CVT (Non Premium Color): Rp 458 juta
  • 2.0 G HV CVT (Premium Color): Rp 461 juta
  • 2.0 V HV CVT Non Modelista (Non Premium Color): Rp 522,15 juta
  • 2.0 V HV CVT Non Modelista (Premium Color): Rp 525,15 juta
  • 2.0 V HV CVT Modelista (Non Premium Color): Rp 532 juta
  • 2.0 V HV CVT Modelista (Premium Color): Rp 535 juta
  • 2.0 Q HV CVT TSS Non Modelista (Non Premium Color): Rp 601,15 juta
  • 2.0 Q HV CVT TSS Non Modelista (Premium Color): Rp 604,15 juta
  • 2.0 Q HV CVT TSS Modelista (Non Premium Color): Rp 611 juta
  • 2.0 Q HV CVT TSS Modelista (Premium Color): Rp 614 juta.

Almaz Hybrid

  • Almaz Hybrid: Rp 470 juta.
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT