Toyota Kijang Innova Zenix: Spesifikasi dan Harga Lengkap

ADVERTISEMENT

Toyota Kijang Innova Zenix: Spesifikasi dan Harga Lengkap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 21 Nov 2022 16:40 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix
Foto: Toyota Kijang Innova Zenix. (Pradita Utama/detikcom)

Dimensi dan Kenyamanan Kabin

Toyota Kijang Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm dengan wheelbase 2.850 mm. Ini tercatat lebih panjang dan lebih lebar 20 mm serta wheelbase-nya bertambah 100 mm. Ground clearance mobil ini tetap di 185 mm.

Dengan dimensi itu dan didukung platofrom TNGA: GA-C, Toyota Kijang Innova Zenix memiliki kabin yang lapang. Panjang bagian dalam kabin mencapai 1.746 mm atau bertambah 56 mm. Sementara hip room bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.488 mm atau lebih lebar 46 mm dengan ruang kepala 85 mm, lebih tinggi 32 mm.

Berkat penggunaan penggerak roda depan (FWD), terowongan di bawah dek penumpang sudah tidak ada lagi sehingga menciptakan lantai rata. Wheelbase lebih panjang turut memberikan lantai kabin lebih lapang. Body roll juga lebih halus dan tenang berkat wheelbase dan thread roda yang semakin jauh.

Bangku tengah bisa digeser maju-mundur sejauh 330 mm atau lebih panjang 15 mm. Rentang geser yang besar membuat proses keluar-masuk penumpang baris ketiga lebih mudah.

Bangku baris ketiga Innova kini bisa diduduki oleh tiga orang dengan baik berkat hip room 1.225 mm. Ruang kepala tetap 12 mm, tapi postur duduk lebih baik dan ruang kaki lebih lega.

Untuk menambah kenyamanan, ada paket insulator pada platform TNGA dengan daya redam mumpuni sehingga menambah keheningan kabin. Peredam berkualitas pada dasbor memastikan suara mesin tidak tembus ke dalam. Khusus untuk tipe Hybrid, ada nilai lebih dari sisi noise vibration harsh (NVH) berkat adanya motor listrik yang senyap dan ramah lingkungan.

Mesin Bertenaga

Toyota Kijang Innova Zenix terbaru menggendong mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Kalau dibandingkan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dari Innova Reborn bensin, sementara dibanding Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar tapi torsinya sedikit lebih kecil.

Di sisi lain, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Toyota Kijang Innova ZenixToyota Kijang Innova Zenix Foto: (Pradita Utama/detikcom)

Seluruh tipe Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.

Lanjut Halaman Berikut: Fitur dan Harga Lengkap

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT