ADVERTISEMENT

Bocoran Harga Mobil Baru Wuling di Bawah Rp 200 Juta, Mobil Listrik Mungil?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Jul 2022 18:23 WIB
Mobil listrik Wuling/wuling EV yang akan diproduksi di Indonesia.
Mobil listrik mungil Wuling (Foto: doc. Wuling Motors Indonesia)
Jakarta -

Wuling kedapatan mendaftarkan produk baru. Mobil dengan kode E230 itu muncul pada laman NJKB Samsat DKI Jakarta. Inikah mobil listrik jagoan Wuling yang laris manis di China?

Dalam kode tersebut juga muncul daftar harga NJKB. Ada dua varian, yakni E230 LV 0 4x2 AT Rp 132 juta dan E230 LV 2 4x2 AT Rp 166 juta. Untuk diketahui, harga tersebut belum termasuk instrumen pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPn), Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan lainnya.

Diduga NJKB itu sebagai salah satu mobil listrik yang bakal dijual Wuling di Indonesia. Sebab pabrikan China itu sudah memperkenalkan mobil listrik mungil, tapi harganya belum dirilis ke publik.

Mobil itu baru sekadar dipamerkan. Bagi kamu yang kadung terpikat dengan pesona Wuling EV harap sedikit bersabar. Soalnya pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu belum menerima pesanan Wuling EV.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani membantah kalau NJKB yang terdaftar itu merupakan harga dasar dari Wuling EV.

Wuling Baojun KiWi EV di GIIAS 2021Wuling Baojun KiWi EV di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Ini (NJKB terbaru Wuling) bukan," saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (5/7/2022).

Yang jelas, mobil listrik mungil itu akan diproduksi di pabrik Wuling kawasan Cikarang, Bekasi. Adapun bagi konsumen yang sudah tertarik belum bisa melakukan pemesanan. Meski begitu, konsumen bisa mendaftarkan namanya ke dealer terdekat dan nantinya akan dihubungi lebih lanjut.

Adapun nama E230 sebenarnya identik dengan mobil listrik yang pernah diuji coba di China. Dikutip dari laman Carnewschina, Selasa (5/7/2022) Wuling E230 akan diluncurkan di pasar mobil China pada kuartal keempat tahun ini.

Secara keseluruhan desain Wuling E230 mungkin terlihat mirip dengan Mini EV, terutama proporsinya, tetapi sebenarnya kendaraan ini lebih besar dan sangat berbeda. Lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dari Mini EV.

Mobil listrik Wuling/wuling EV yang akan diproduksi di Indonesia.Mobil listrik Wuling/wuling EV yang akan diproduksi di Indonesia. Foto: doc. Wuling Motors Indonesia

Wuling E230 akan hadir dalam dua versi, yakni empat kursi dengan jarak sumbu roda panjang dan versi dua tempat duduk untuk jarak sumbu roda pendek. Keduanya memiliki bodi dengan 3 pintu.

Apakah Wuling juga bakal memasarkan E230 di Indonesia? Dian enggan membeberkan informasi lebih jauh tentang E230 yang terdaftar di NJKB Samsat.

"Nanti kita info ya," kata Dian.

Yang pasti Wuling akan memproduksi mobil listrik di Indonesia. Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara pun berharap mobil listrik Wuling ini bisa dijual dengan harga yang sesuai dengan jangkauan masyarakat di Tanah Air.

"Dia (Wuling EV) September assembling (dirakit) di sini. Kita belum tahu harganya, tapi jangkauannya akan sesuai. (Perkiraan) di bawah Rp 300 juta. Kalau di range ini orang kan bisa beli ya dan memang untuk jangkauan itu," ungkap Kukuh beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Mobil Listrik Murah Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 250 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT