ADVERTISEMENT

Wujud Hyundai Ioniq 6 Akhirnya Terungkap, Mewah Banget!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 30 Jun 2022 15:55 WIB
Jakarta -

Beberapa hari terakhir Hyundai gencar merilis berbagai teaser desain Ioniq 6, kini wujud keseluruhan mobil listrik tersebut resmi diperkenalkan kepada publik. Hyundai Ioniq 6 tampil mengusung model sedan yang isyarat dengan kecanggihan dan tampak modern.

Dilansir berbagai sumber, dari segi desain ada perbedaan antara Hyundai Ioniq 5 dengan Ioniq 6. Jika di Ioniq 5 mengusung crossover, kalau di Ioniq 6 menerapkan model sedan listrik yang wujudnya mirip dengan mobil konsep Prophecy Hyundai, yang telah dirilis pada 2020 silam.

Namun, Ioniq 6 tetap mengusung platform yang sama dengan Ioniq 5 yakni Electric Global Modular Platform atau E-GMP. Platform ini juga sudah digunakan pada sejumlah model seperti Kia EV6 dan Genesis GV60.

Pabrikan asal Korea Selatan itu mengusung desain eksterior Ioniq 6 yang aerodinamis dan ramping. Yang menarik, Ioniq 6 tetap menggunakan model Flush Door Handles pada pintu mobil, sama seperti yang ada di Ioniq 5. Cara ini dilakukan agar mobil lebih aerodinamis saat dikendarai.

Selain itu, sedan listrik ini juga dilengkapi berbagai fitur canggih untuk mendukung kenyamanan berkendara. Tidak ada lagi spion mobil konvensional yang menggunakan kaca, Hyundai mengusung sepasang kamera yang disematkan di sisi kanan dan kiri mobil.

Hyundai Ioniq 6Hyundai Ioniq 6 Foto: Pool (Hyundai/The Verge)

Hyundai juga membawa sejumlah pembaruan seperti bagian velg yang baru dengan model two tone. Lalu ada juga lampu LED yang terletak di spoiler belakang, di mana bentuknya dibuat garis tipis memanjang ke samping.

Pada sisi lampunya, di bagian belakang mengusung LED dengan konsep Parametric Pixel LED, bentuknya lebih kotak dan horizontal. Sementara pada bagian lampu depan juga mengusung LED, di mana posisi lampu berada di dekat fender.

Sayangnya, Hyundai tak menyebut soal dimensi dari Ioniq 6. Namun, jarak sumbu roda diperkirakan lebih pendek 5 cm dan atapnya 11 cm lebih rendah daripada Ioniq 5.

Dari segi interior, Hyundai Ioniq 6 tampak mirip-mirip dengan Ioniq 5 dengan mengusung dashboard minimalis serta terdapat layar infotainment berukuran 12 inci. Layar tersebut nampak menyatu dengan speedometer mobil.

Hyundai Ioniq 6Hyundai Ioniq 6 Foto: Pool (Hyundai/The Verge)

Di dalam kabin disematkan berbagai teknologi canggih seperti perintah suara hingga lampu penerangan dengan 64 pilihan warna. Ioniq 6 makin terasa canggih dengan hadirnya kamera di sisi samping, sehingga pengemudi bisa melihat bagian belakang dari dalam mobil dengan jelas.

Hyundai belum merinci soal kapasitas baterai dan performa dari Ioniq 6. Namun kabarnya, baterai dan tenaga yang dihasilkan tak berbeda jauh dengan Ioniq 5.

Rumornya Hyundai Ioniq 6 akan mengusung baterai berkapasitas 73 kWh yang dapat menempuh kecepatan hingga 480 km. Soal tenaganya, Ioniq 6 mampu menghasilkan tenaga hingga 215 dk dalam versi standard, sementara untuk varian AWD mampu mencapai 308 dk.

Untuk harganya, Ioniq 6 diprediksi punya banderol yang sedikit lebih murah dari Ioniq 5, diyakini harganya berkisar US$ 46.600 atau sekitar Rp 690 jutaan. Untuk melihat wujudnya secara langsung dan mengetahui spesifikasi yang lebih lengkap, Hyundai Ioniq 6 rencananya akan dipamerkan kepada publik pada 14 Juli mendatang.

(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT