3 Mobil Jerman yang Lindungi Jokowi Selama Kunjungi Ukraina-Rusia

ADVERTISEMENT

3 Mobil Jerman yang Lindungi Jokowi Selama Kunjungi Ukraina-Rusia

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 03 Jul 2022 11:09 WIB
Mobil Antipeluru Tunggangan Jokowi di Ukraina
Foto: Mobil Antipeluru Tunggangan Jokowi di Ukraina (Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Sepekan kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke beberapa negara, di antaranya adalah Ukraina dan Rusia yang masih dilanda konflik peperangan. Selama di Eropa, ini tiga mobil Jerman yang melindungi Jokowi.

Pertama, sebelum ke Ukraina dan Rusia, Jokowi mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Di Jerman, Jokowi menggunakan mobil BMW. Ini berbeda dengan mobil dinas Jokowi di Indonesia yang menggunakan Mercedes-Benz, meski sama-sama mobil Jerman.

Dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, mobil Jerman yang dipakai Jokowi setibanya di Munich adalah BMW Seri 7. Sebagai petinggi negara, Jokowi memakai mobil BMW Seri 7 Security Vehicle F02 dengan proteksi maksimal untuk penumpangnya.

BMW Seri 7 Security Vehicle dibuat dengan spesifikasi khusus yang bisa menjamin keamanan orang penting di dalamnya. Mengutip situs resminya, mobil yang masuk dalam BMW Security Vehicle didesain untuk tahan terhadap tiga risiko besar. Mobil ini mampu menahan peluru kaliber 0,44 Magnum, menangkal kejahatan terorganisir dengan kemampuan menangkis peluru sekelas AK-47, sampai serangan ledakan sekalipun.

BMW seri 7 High Security merupakan sedan pertama di dunia yang bisa menahan peluru VR7. Sementara di area transparannya, bisa resisten terhadap peluru kelas VR9.

Tak cuma itu, ledakan dari granat pun mampu ditangkisnya. Jendelanya memiliki lapisan khusus yang mencegah tembakan masuk.

Mobil Seri 7 yang dipakai Jokowi sebelum ke UkrainaMobil Seri 7 yang dipakai Jokowi sebelum ke Ukraina Foto: Youtube Sekretariat Presiden

BMW melapisi kaca dan jendelanya dengan kaca komposit khusus berukuran 6 cm. Bagian dalamnya juga dilapisi polikarbonat untuk mencegah serpihan-serpihan dari material tembakan ke bagian penumpang.

Bagian tangki bensin pun tak lupa diproteksi. Tangki bensin dilindungi dengan material anti-ledakan. Ban juga telah mengusung run flat tyre yang memungkinkan mobil masih terus melaju 50 km pada kecepatan 80 km/jam meski kondisinya sangat kempes.

Bicara spesifikasinya, BMW menawarkan dua pilihan mesin pada Seri 7 High Security ini. Antara lain BMW 760Li High Security dan BMW 750Li High Security. BMW 760Li High Security mengusung mesin lebih besar berkapasitas 6.000 c V12. Sementara BMW 750Li High Security mengusung mesin 4.400 V8. Keduanya memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam.

Mesin V12 pada seri 760Li High Security mampu menyemburkan tenaga hingga 544 daya kuda pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 750 Nm pada 1.500 rpm. Dengan transmisi otomatis delapan percepatan, mobil ini mampu melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 6,2 detik.

Sementara unit V8 pada BMW 750Li High Security memiliki tenaga maksimal 407 daya kuda pada 5.500-6.400 rpm dengan torsi maksimal 600 Nm pada 1.750-4.500 rpm. Dengan transmisi otomatis enam percepatan, mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 7,9 detik.

Selain di Jerman, BMW Seri 7 ini juga digunakan Jokowi di Polandia sebelum naik kereta ke Ukraina.

Lanjut halaman berikutnya: Mobi Antipeluru Jokowi di Ukraina

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT