Membandingkan Ketangguhan Mobil Dinas Presiden Jokowi Vs Joe Biden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 07:06 WIB
President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)
The Beast, mobil dinas kepresidenan Joe Biden. Foto: AP/Doug Mills
Jakarta -

Sebagai kepala negara, presiden akan mendapatkan fasilitas kendaraan dinas yang aman. Mobil dinas kepresidenan biasanya dilengkapi dengan teknologi kelas wahid demi mengamankan kepala negara.

Tak cuma Presiden baru Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dibekali kendaraan dinas yang aman. Jokowi sejak tahun lalu telah menerima mobil dinas baru, Mercedes-Benz S 600 Guard. Sementara Presiden AS Joe Biden mendapatkan mobil dinas Cadillac One yang dijuluki The Beast warisan dari Donald Trump. Bagaimana ketangguhan kedua mobil presiden tersebut?

Pertama kita bahas mobil dinas Jokowi terlebih dahulu. Seperti disebutkan sebelumnya, Jokowi menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S 600 Guard. Itu merupakan armada baru untuk mobil kepresidenan yang sudah diterima Paspampres sejak akhir 2019 lalu.

Mercedes-Benz S-Class, S 600 GuardMercedes-Benz S-Class, S 600 Guard Foto: Mercedes-Benz

Mengutip laman resmi Mercedes-Benz global, S 600 Guard tunggangan Jokowi memiliki performa yang cukup tinggi. Berbekal mesin bensin V12, mobil ini memiliki tenaga hingga 530 daya kuda. Torsi mesinnya mencapai 830 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic. Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam. Jika jalanan aman dari penjahat yang ingin mencelakai presiden, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.

Istana akhirnya memilih mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai armada baru untuk mobil kepresidenan. Mobil ini ibarat sebuah benteng berjalan bagi Presiden Joko WidodoIstana akhirnya memilih mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai armada baru untuk mobil kepresidenan. Mobil ini ibarat sebuah benteng berjalan bagi Presiden Joko Widodo Foto: Andhika Akbarayansyah

Yang pasti, sebagai mobil kepala negara, Mercedes-Benz S 600 Guard ini merupakan mobil antipeluru. Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60.

Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

Bagian bawah mobil diberi tambahan pelat khusus yang membuat mobil tahan dari alat peledak yang ditempatkan di bawah mobil.

Bannya juga sudah menggunakan teknologi antikempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Meski tekanan bannya 0, mobil masih bisa melaju sejauh sekitar 30 km.

Mobil dinas Jokowi Mercedes-Benz S 600 Guard dilengkapi fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan rem parkir elektronik. Ada juga fitur Night View Assist Plus yang membuat pengendara mobil bisa melihat obyek lain dalam suasana gelap di luar mobil.

[Lanjut halaman berikut: Ketangguhan Mobil Dinas Joe Biden Warisan Donald Trump]

Selanjutnya
Halaman
1 2