The Beast, Benteng Berjalan Pelindung Joe Biden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 10:13 WIB
President Joe Biden looks out from the Presidential motorcade during Inauguration Day ceremonies Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Mobil kepresidenan Joe Biden. Foto: AP/Evan Vucci
Washington -

Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46. Saat pelantikan, Joe Biden menggunakan mobil dinas kepresidenan The Beast. Mobil itu merupakan warisan dari pendahulunya, Donald Trump.

Mobil Cadillac One ini diberikan pada 2018 kepada Donald Trump. Sebelum itu, Donald Trump menggunakan mobil dinas warisan Barack Obama.

Pada musim gugur 2018, General Motors memperbarui Cadillac One. The Beast yang diberikan kepada Secret Service pada 2018 itu masih menggunakan platform yang sama dengan The Beast yang dipakai Obama. Bedanya, ada pembaruan dalam hal teknologi keamanan terbaru, termasuk perlindungan terhadap ledakan dan senjata kimia.

Kini, Joe Biden masih menggunakan mobil dinas kepresidenan yang sama dengan Trump. Mobil ini bisa dibilang sebagai benteng berjalan yang aman buat orang nomor satu di Amerika Serikat.

President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)Mobil Dinas Kepresidenan Joe Biden. (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool) Foto: AP/Doug Mills

Disebutkan Hardwarezone, 'The Beast' aslinya bermerek Cadillac One yang sudah dikustomisasi oleh Secret Service AS menjadi mobil kepresidenan dan mampu melindungi penumpang di dalamnya. 'The Beast' berbentuk limusin, namun bentuknya besar seperti sebuah crossover.

'The Beast' juga menggunakan ban berukuran besar yang biasanya terpasang pada truk berukuran medium hingga besar. Bannya dibekali dengan Kevlar serta baja sehingga kuat ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Bahkan jika bocor sekalipun, mobil masih bisa terus berjalan.

President Joe Biden waves as he rides in the presidential limousine following his inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington.(Rod Lamkey/Pool Photo via AP)Mobil dinas kepresidenan Joe Biden tak memiliki lubang kunci. (Rod Lamkey/Pool Photo via AP) Foto: AP/Rod Lamkey

Uniknya pintu 'The Beast' tak memiliki lubang kunci. Membukanya pun dibutuhkan tenaga ekstra karena cukup tebal yakni mencapai delapan inchi. Sedangkan kacanya memiliki ketebalan lima inchi untuk mampu menahan peluru tembus ke dalam mobil. Perlu dicatat pintu 'The Beast' hanya bisa dibuka oleh anggota Secret Service. Begitu pula dengan kacanya. Kaca mobil 'The Beast' yang bisa dibuka hanya pada bagian sopir yakni setinggi tiga inchi.

'The Beast' juga diciptakan untuk keadaan darurat. Di dalamnya terdapat oksigen dan kantung darah untuk mencegah terjadinya hal buruk pada sang presiden.

Menumpang di dalam 'The Beast', Joe Biden tak perlu takut akan ancaman bom. 'The Beast' mampu bertahan di tengah ledakan bom karena bodi tebalnya.



Simak Video "Saling Demo Kubu Trump dan Biden Soal Anggaran AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)