Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden Pakai Mobil Dinas Warisan Trump

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 08:12 WIB
President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)
Mobil Dinas Kepresidenan Joe Biden. Foto: AP/Doug Mills.
Washington DC -

Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46. Di hari pertamanya menjadi Presiden Amerika Serikat, Joe Biden melakukan perjalanan dengan The Beast, sebuah mobil dinas kepresidenan AS yang super aman.

Namun, Joe Biden tidak diberikan mobil baru. Presiden AS ke-46 ini menikmati perjalanan dengan mobil dinas kepresidenan warisan Donald Trump.

Diberitakan Fox News, tidak seperti Barack Obama, Joe Biden tidak diberikan mobil kepresidenan baru di hari pertamanya. Hal yang sama juga dialami oleh Donald Trump saat dilantik sebagai Presiden AS beberapa tahun lalu. Saat itu, Trump mewarisi armada limusin Cadillac Beast milik Obama.

A U.S. Secret Service agent changes the license plate on President Joe Biden's limousine near the North Portico of the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon, Pool)Mobil Dinas Kepresidenan Joe Biden (AP Photo/Alex Brandon, Pool) Foto: AP/Alex Brandon

Kini, Joe Biden juga menggunakan mobil dinas kepresidenan warisan Donald Trump. Sejatinya, Donald Trump mendapatkan The Beast terbaru pada 2018 lalu.

Pada musim gugur 2018, General Motors memperbarui Cadillac One. The Beast yang diberikan kepada Secret Service pada 2018 untuk tunggangan Donald Trump itu masih menggunakan platform yang sama dengan The Beast yang dipakai Obama. Bedanya, ada pembaruan dalam hal teknologi keamanan terbaru, termasuk perlindungan terhadap ledakan dan senjata kimia.

President-elect Joe Biden and his wife Jill Biden arrive at the East Front of the U.S. Capitol ahead of Biden's inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington. ((Jim Lo Scalzo/Pool Photo via AP)Joe Biden. Foto: AP Photo

Secret Service tidak pernah mengungkapkan berapa banyak The Beast yang digunakan Presiden AS. Namun, ada satu perbedaan kecil antara mobil yang digunakan Joe Biden saat pelantikan dengan mobil The Beast Donald Trump sebelumnya. Yaitu pelat nomor 46 yang berarti Biden adalah Presiden AS ke-46.

Mengingat pembaruan The Beast yang biasanya membutuhkan waktu lama, kecil kemungkinan Joe Biden bakal menikmati mobil dinas baru dalam periode pertamanya sebagai Presiden AS. Kemungkinan, mobil dinas kepresidenan AS akan diperbarui pada periode berikutnya pada 2025, bahkan mungkin tidak pada saat itu.

Ketangguhan 'The Beast' Donald TrumpKetangguhan 'The Beast' Donald Trump Foto: Zaki Alfarabi

Cadillac One untuk Presiden Amerika Serikat tersebut bisa dibilang menjadi tank berjalan yang memastikan keamanan presiden. Untuk mendukung hal itu, mobil dinas bernama The Beast tersebut memiliki bodi yang tebal dan cukup berat.

Konsekuensi dari bodi tebal dan berat tersebut membuat mobil kepresidenan AS jadi sangat boros bahan bakar. Dikutip Hardware Zone, konsumsi BBM 'The Beast' berada di kisaran 3,7 miles-8 miles per galon. Kalau dikonversi ke satuan km/liter, konsumsi BBM mobil Presiden AS hanya 1,57 km/liter. Paling irit 3,4 km/liter.

Selain boros BBM, dengan bobotnya yang berat 'The Beast' tak bisa melaju kencang. Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh 'The Beast' mencapai 97 km/jam. Dengan panjang mobil sekitar 5,4 meter, The Beast menggendong mesin V8 berkapasitas 6,6 L.



Simak Video "Perpecahan Politik Usai Pilpres, Joe Biden: Kita Harus Akhiri Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)