ADVERTISEMENT

Ini Mobil Antipeluru yang Melindungi Jokowi di Ukraina

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 01 Jul 2022 12:47 WIB
Mobil Antipeluru Tunggangan Jokowi di Ukraina
Foto: Mobil Antipeluru Tunggangan Jokowi di Ukraina (Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum ke Rusia sempat mengunjungi Ukraina. Diketahui, Ukraina masih dilanda peperangan dengan Rusia. Untuk itu, dibutuhkan perlindungan bagi Jokowi mengunjungi negara itu.

Dalam sebuah video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Zelenskyy di Istana Marynsky, Kyiv, Ukraina pada 29 Juni 2022. Saat menuju Istana Marynsky, tampak Jokowi menggunakan sedan mewah super-aman yang dilengkapi dengan spesifikasi antipeluru.

Mobil yang melindungi Jokowi di Ukraina adalah Audi A8 L Security. Mobil ini telah disertifikasi oleh fasilitas pengujian balistik pemerintah Jerman untuk memenuhi standar perlindungan balistik kelas VR 7 (diuji sesuai pedoman BRV 2009). Singkatan BRV adalah singkatan dari Bullet Resistant Vehicles.

Ketahanan mobil terhadap ledakan diuji sesuai dengan pedoman ERV 2010 (ERV = Explosion Resistant Vehicles). Perlindungan balistik Kelas VR 7 memberlakukan standar paling ketat pada sedan keamanan tinggi. Lembaran logam dan kaca yang melindungi penumpang terhadap tembakan dengan amunisi inti NATO. Di area tertentu, armoring pada Audi A8 L Security bahkan memenuhi kriteria untuk kelas VR 9 dan VR 10.

Kusen samping aluminium memiliki bagian baja padat. Ini memberikan peningkatan perlindungan terhadap senjata peledak. Terbuat dari paduan aluminium yang inovatif, lantai lapis baja mobil memiliki tujuan yang sama. Audi A8 L Security mampu menahan serangan dengan granat tangan militer. Bahkan bahan peledak yang ditentukan dalam program pengujian tidak menimbulkan ancaman mematikan bagi penumpang.

Jendela samping, kaca depan, dan kaca belakang seluruhnya terbuat dari kaca khusus dengan lapisan polikarbonat di bagian dalam untuk mencegah terkelupas. Pembuka jendela elektromekanis mengoperasikan jendela samping, sehingga dapat diturunkan hampir seluruhnya.

Area utama di Audi A8 L Security adalah "kotak komunikasi" di kompartemen bagasi. Kotak komunikasi lapis baja memiliki pintu keramik yang relatif ringan, dan bingkainya terbuat dari aluminium. Pemilik mobil ini juga dapat meminta perlindungan khusus untuk baterai dan tangki bahan bakar. Sistem komunikasi dua arah memungkinkan penumpang di Audi A8 L Security untuk berkomunikasi dengan dunia luar saat jendela ditutup. Sistem ini menggunakan speaker serta mikrofon untuk kabin dan eksterior.

Audi menawarkan pilihan khusus kepada pemilik Audi A8 L Security ini berupa sistem pintu darurat. Saat pengemudi atau penumpang belakang menekan sakelar anti-rusak dan menarik salah satu pegangan pintu bagian dalam, sekrup pemisah piroteknik di engselnya akan melepaskan pintu dari body. Pintu kemudian dapat dirobohkan dengan sedikit dorongan.

Fitur keamanan lainnya adalah sistem pemadam api, yang diaktifkan melalui sensor panas atau dengan menekan tombol. Ada dua tabung pemadam yang dipasang di kompartemen bagasi. Nozel menyemprotkan pemadam ke lengkungan roda, ke lantai bawah, ke tangki, dan ke dalam kompartemen mesin.

Ada pula sistem oksigen darurat dengan dua kartrid oksigen. Dengan menekan sebuah tombol, sistem memasok udara segar ke interior melalui ventilasi di lapisan atap. Pasokan berlangsung cukup lama untuk mobil melewati zona bahaya. Sistem bekerja dengan menghasilkan tekanan positif di interior kendaraan untuk mencegah gas beracun masuk ke kabin.

Soal spesifikasinya, Audi A8 L Security tunggangan Jokowi di Ukraina ini menggunakan mesin berkonfigurasi W12 6.300 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 500 daya kuda dengan torsi maksimal 625 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam cuma butuh waktu 7,3 detk. Kecepatan tertingginya 210 km/jam.



Simak Video "Tiba di Polandia, Jokowi Bakal Naik Kereta 12 Jam ke Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT